USULAN CARA MEMINIMASI WASTE DOMINAN DI USAHA KONVEKSI DENGAN PENDEKATAN LEAN ERGONOMIC SIX SIGMA

PUTRI, THERESIA CONNY LAMBERTHA (2017) USULAN CARA MEMINIMASI WASTE DOMINAN DI USAHA KONVEKSI DENGAN PENDEKATAN LEAN ERGONOMIC SIX SIGMA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TI07309.pdf

Download (26MB)
[img] Text (TI07309)
TI07309.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin berkembang pula industri manufaktur di Indonesia terutama di kota Yogyakarta, semakin banyak berkembang usaha konveksi kaos sablon baik untuk skala besar atau pun menengah kebawah. Berbagai cara dilakukan oleh setiap perusahaan untuk meningkatkan produktivitas ekternal ataupun produktivitas internal perusahaan agar dapat menghasilkan produk yang memuaskan dengan menekan pemborosan-pemborosan yang terjadi di perusahaan. Hal ini juga terjadi pada Konveksi X, dimana pada konveksi ini masih teridentifikasi pemborosan (waste) yang terjadi. Pada penelitian yang dilakukan ini, tujuannya adalah mengetahui cara untuk meminimasi waste dominan yang teridentifikasi pada proses sablon. Konsep yang digunakan dalam menyelesaikan waste dominan tersebut adalah Lean Ergonomic Six Sigma. Penelitian akan dilakukan dengan melakukan identifikasi waste yang terjadi di seluruh proses produksi terlebih dahulu dengan menggunakan konsep lean, kemudian waste dominan yang teridentifikasi akan diselesaikan dengan menggunakan konsep Six Sigma DMAIC. Dalam penelitian ini, tidak hanya berfokus pada perbaikan produktivitas eksternal di konveksi melainkan juga perbaikan pada produktivitas internal (kinerja operator) pada konveksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Waste, Lean Ergonomic Six Sigma, Six Sigma DMAIC, produktivitas eksternal, produktivitas internal
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Dec 2017 09:26
Last Modified: 21 Dec 2017 09:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13303

Actions (login required)

View Item View Item