Persepsi Manajemen Fave Hotel Kusumanegara dan Warga Miliran terhadap Sumur Kering di Miliran, Kelurahan Mujamuju, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta

SUASARI, FEBRINA BETSY (2016) Persepsi Manajemen Fave Hotel Kusumanegara dan Warga Miliran terhadap Sumur Kering di Miliran, Kelurahan Mujamuju, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PR 659.2 Feb 16)
KOM04662.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pembangunan hotel di Yogyakarta yang semakin meningkat setiap tahunnya berdampak juga kepada masyarakat di sekitarnya. Pada tahun 2014 warga Miliran, Yogyakarta mengalami sumur kering. Warga Miliran menduga bahwa ada peran Fave Hotel Kusumanegara atas keringnya sumur warga. Kedua pihak yang berkaitan dalam permasalahan sumur kering ini tentu mempunyai latar belakang yang berbeda pula. Melalui sumur kering yang berkaitan dengan komunitas lokal dan Fave Hotel Kusumanegara ini menarik untuk melihat masing-masing persepsi terkait permasalahan tersebut. Sedangkan perbedaan persepsi dapat berujung pada sebuah konflik antara kedua belah pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi manajemen Fave Hotel Kusumanegara dan komunitas lokal terhadap sumur kering di Miliran, Mujamuju, Umbulharjo, Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu penelitian yang sifatnya interpretif serta melibatkan metode dalam menelaah masalah dalam penelitian. Metode penelitian ini adalah studi kasus yang menyelidiki secara teliti terkait suatu program, peristiwa, aktivitas, proses ataupun sekolompok individu. Teknik pengumpulan dengan teknik wawancara mendalam, dengan subjek penelitian dari manajemen Fave Hotel Kusumanegara dan warga Miliran. Teknik analisis data meliputi tiga kegiatan yaitu, tahap reduksi data, penyajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat persamaan dan perbedaan dalam mempersepsi sumur kering antara manajemen Fave Hotel Kusumanegara dan warga Miliran. Persamaan persepsi hanya terjadi pada satu tema pembahasan saja yaitu persepsi pada penyebab permasalahan sumur kering, (2) Perbedaan persepsi yang terjadi antara manajemen Fave Hotel Kusumanegara dan warga Miliran disebabkan oleh adanya kesenjangan berupa latar belakang, motif, kepentingan antara manajemen Fave Hotel Kusumanegara dan warga Miliran. Kedua pihak yang berada dalam permasalahan ini mempunyai latar belakang, kepentingan, kekuatan yang berbeda sehingga hal yang diperjuangkan pun juga berbeda. Kesenjangan inilah yang menyebabkan adanya perbedaan persepsi yang menyebabkan adanya konflik. Selain itu perbedaan persepsi ini diperparah dengan minimnya komunikasi yang terjalin antara manajemen Fave Hotel Kusumanegara dan warga Miliran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Komunitas, Konflik, Persepsi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jan 2018 09:08
Last Modified: 02 Jan 2018 09:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item