REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN KULIT HITAM MANIS DALAM IKLAN (Studi Deskriptif menggunakan Teknik Analisis Semiotika Charles S. Peirce pada Iklan Natasha Skin Care)

MUSKITA, IMANUEL WIBISONO (2016) REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN KULIT HITAM MANIS DALAM IKLAN (Studi Deskriptif menggunakan Teknik Analisis Semiotika Charles S. Peirce pada Iklan Natasha Skin Care). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADV 659.1 Wib 16)
KOM04312.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas mengenai perubahan makna cantik yang dimulai dari cantik adalah segar, cantik adalah kuning langsat, dan cantik adalah putih hingga pada saat ini muncul iklan Natasha Skin Care yang menggunakan perempuan berkulit hitam manis sebagai modelnya. Perubahan makna cantik tersebut disebabkan oleh periklanan yang telah berevolusi menjadi sebentuk strategi sosial persuasif dan kemampuan iklan dalam membangun sebuah realitas juga mempengaruhi pendapat orang yang telah membawa pada berbagai macam perubahan nilai sosial dan budaya, seperti perubahan makna cantik di atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi kecantikan perempuan kulit hitam manis dalam iklan Natasha Skin Care. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-interpretif dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles S. Peirce dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah dua iklan Natasha Skin Care yang menggunakan perempuan berkulit hitam manis sebagai modelnya. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan iklan Natasha Skin Care yang menggunakan perempuan berkulit hitam manis sebagai modelnya dan mengumpulkan data dengan cara membaca, mempelajari, dan menganalisis dokumen dan sumber data yang ada melalui buku dan media internet. Hasil dari penelitian ini adalah perempuan kulit hitam manis dalam iklan Natasha Skin Care direpresentasikan melalui bentuk fisik yang ada seperti mata, hidung, bibir, dan rambut panjang bergelombang yang dimiliki oleh model perempuan kulit hitam manis dalam iklan Natasha Skin Care.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Periklanan, representasi, kecantikan, perempuan kulit hitam manis
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jan 2018 09:41
Last Modified: 02 Jan 2018 09:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13312

Actions (login required)

View Item View Item