Penggunaan Desain Logo pada Lini Produk Alat Tulis (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Implementasi Kebijakan Perusahaan dalam Penggunaan Desain Logo Kiky PT Solo Murni pada Lini Produk Alat Tulis)

Chandra, Ginachristina (2016) Penggunaan Desain Logo pada Lini Produk Alat Tulis (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Implementasi Kebijakan Perusahaan dalam Penggunaan Desain Logo Kiky PT Solo Murni pada Lini Produk Alat Tulis). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADV 659.1 Gin 16)
KOM04675.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan perusahaan dalam penggunaaan desain logo Kiky pada lini produk alat tulis. Peneliti mengkaji dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran, produk, logo serta managemen strategi, Kerangka konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan perusahaan, desain logo serta produk. Adaptasi melalui kerangka konsep ini dilakukan agar peneliti mampu memperoleh data yang lebih mendalam terkait dengan implementasi kebijakan perusahaan dalam penggunaan desain logo pada lini produk alat tulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian yaitu implementasi kebijakan perusahaan buku tulis Kiky, PT Solo Murni dalam penggunaan desain logo pada lini produk alat tulis. Perolehan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi yang sekaligus sebagai data primer dalam penelitian ini dan didukung dengan adanya data sekunder yaitu melalui dokumen perusahaan. Wawancara dilakukan terhadap keenam narasumber yang terdiri dari pemilik, pembuat desain logo, manager desain serta karyawan desain, karyawan percetakan, marketing, dan karyawan ekspor. Metode penelitian yang digunakan berguna agar tercapainya tujuan penelitian yaitu mengetahui implementasi kebijakan perusahaan Kiky dalam penggunaan desain logo pada lini produk alat tulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan perusahaan Kiky terkait dengan penggunaan desain logo. Di mana Kiky memiliki beberapa desain logo yang digunakan dalam sekali waktu yang digolongkan berdasarkan segmentasi produk dan sasaran pasar dari produk Kiky. Perusahaan yang telah berdiri selama kurang lebih 30 tahun tersebut setidaknya memiliki empat desain logo yang sekarang digunakan oleh perusahaan. Adanya desain logo yang dimodifikasi dari desain logo yang sudah ada maupun desain logo yang dibuat baru tersebut antara lain logo “Kiky Berjalan”, logo “Kiky Kapsul”, logo “Kiky Pilihan Terbaik” dan logo “Kiky Take The Best”. Berdasarkan segmentasi produk dan sasaran pasar, ditemukan bahwa keempat logo tersebut dibuat dengan kegunaan dari masing-masing logo. Logo “Kiky Berjalan” yang merupakan logo utama dari Kiky ini digunakan sebagai identitas produk pada produk dengan sasaran pasar yaitu anak-anak sekolah. Sedangkan logo “Kiky Kapsul” digunakan untuk sasaran pasar yaitu orang dewasa termasuk mahasiswa. Berbeda untuk desain logo “Kiky Take The Best” dan “Kiky Pilihan Terbaik”, kedua desain ini digunakan untuk branding iklan dan ditempelkan di booth pameran namun dengan pangsa pasar yang berbeda yaitu untuk pangsa pasar di luar negeri dan domestik. Namun untuk implementasi kebijakan pada produk Kiky ekspor, perusahaan sepenuhnya menyesuaikan permintaan buyers tanpa menggunakan logo Kiky. Implementasi kebijakan perusahaan terkait dengan penggunaan desain logo ini pun dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berdasarkan pada wewenang dan juga rasionalitas. Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain posisi/kedudukan, masalah, kondisi serta tujuan. Pada akhirnya implementasi kebijakan perusahaan yang diambil berdasarkan proses analisis tersebut didasari oleh strategic goals yang dimiliki oleh perusahaan yang berupa visi dan misi perusahaan Kiky.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan perusahaan, desain, logo, produk.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jan 2018 11:30
Last Modified: 02 Jan 2018 11:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item