PERAN PUBLIC RELATIONS PADA MASA PERUBAHAN MANAJEMEN (Studi Kasus atas Grand Edge Hotel Semarang)

AYUNI, ANDHITA PUTRI (2016) PERAN PUBLIC RELATIONS PADA MASA PERUBAHAN MANAJEMEN (Studi Kasus atas Grand Edge Hotel Semarang). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PR 659.2 And 16)
KOM04585.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Perubahan manajemen di Grand Edge Hotel Semarang adalah beralihnya Grand Edge Hotel Semarang yang awalnya berada di bawah kendali Metropolitan Golden Management (MGM) kemudian lepas dan membuat manajemen baru yakni Grand Edge Management. Perubahan manajemen tersebut membawa berbagai dampak baik struktur organisasi yang berubah, merancang kembali visi misi, hingga menentukan kembali SOP (Standard Operation Procedure), dan berbagai detail operasional lainnya. Perubahan manajemen tersebut juga berdampak pada divisi yang ada di Grand Edge Hotel Semarang tanpa terkecuali Public Relations. Public Relations ketika masih berada di bawah kendali Metropolitan Golden Management (MGM) dijalankan oleh Sales and Marketing Manager, kemudian setelah lepas dari manajemen lama posisi Public Relations dijalankan oleh Public Relations. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Public Relations pada masa perubahan manajemen Grand Edge Hotel Semarang pasca lepas dari Metropolitan Goldan Management (MGM). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yakni untuk menjelaskan bagaimana keberadaan dan mengapa kasus tersebut terjadi. Subjek penelitian dalam penelitian ini yakni Public Relations dan Sales and Marketing Manager sebagai informan kunci dan media. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif, yaitu mendeskripsikan fenomena, mengklasifikasikannya, dan melihat bagaimana konsep-konsep yang muncul itu satu dengan yang lainnya berkaitan. Hasil analisis penelitian ini memaparkan adanya perubahan manajemen membawa dampak Public Relations dalam menjalankan perannya yakni peran teknisi dan peran manajer menjadi mandiri yang awalnya kedua peran tersebut dijalankan berdasarkan anturan korporasi pusat. Setelah adanya perubahan manajemen tidak ada lagi aturan yang mengikat dari korporasi pusat sehingga Public Relations dapat menjalankan kedua peran tersebut sesuai dengan konsep yang diinginkan dan dapat mengaplikasikan keterampilan, inovasi dan kreatifitas sehingga terciptalah kemajuan yang cukup signifikan setelah adanya perubahan manajemen ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perubahan manajemen, peran Public Relations
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jan 2018 11:48
Last Modified: 02 Jan 2018 11:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13317

Actions (login required)

View Item View Item