HALAMAN JUDUL PEMBANGUNAN SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS GANGGUAN TIDUR BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Suryaningsih, Maria Oktaviani (2017) HALAMAN JUDUL PEMBANGUNAN SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS GANGGUAN TIDUR BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Maria Oktaviani Suryaningsih)
TF07459.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Saat ini kehidupan manusia sudah sangat sibuk dan bahkan demi alasan kesibukan tersebut manusia sering mengurangi bahkan meninggalkan waktu untuk kebutuhan dasar manusia seperti tidur. Tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh manusia karena dapat membantu mengembalikan energi untuk aktivitas selanjutnya. Namun akibat dari sering meninggalkan tidur atau waktu tidur tidak teratur dapat menyebabkan gangguan tidur. Gangguan tidur apabila tidak ditangani maka dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan juga menyebabkan penderita rentan terkena penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, dengan dibuatnya sistem pakar untuk diagnosis gangguan tidur diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih memahami gejala-gejala gangguan tidur dan penyebabnya. Untuk memudahkan pengguna dalam menggunakannya maka sistem pakar ini berbasis mobile dan dibangun menggunakan Android Studio. Sedangkan algoritma yang digunakan untuk menarik kesimpulan dari sumber pengetahuan yang ada menggunakan metode Certainty Factor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Diagnosis Gangguan Tidur, Certainty Factor, Android
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Jan 2018 09:50
Last Modified: 04 Jan 2018 09:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item