KENYAMANAN PESEPEDA DAN PEJALAN KAKI DALAM TATA KELOLA TRANSPORTASI (Jalan Cik Di Tiro – Suroto)

Panjaitan, Jabat Tahat Diro (2017) KENYAMANAN PESEPEDA DAN PEJALAN KAKI DALAM TATA KELOLA TRANSPORTASI (Jalan Cik Di Tiro – Suroto). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Jabat Tahat Diro Panjaitan)
TS13762.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Sarana dan prasarana fasilitas publik pada kawasan jalan dan juga hambatan yang ditemukan untuk memaksimalkan fasilitas publik. Serta memberikan himbauan dan pengertian kepada masyarakat untuk menyadari akan pentingnya menjaga keamanan dan kenyamanan sebagai sesama pengguna jalan , saling menghargai serta mengetahui Undang-Undang dan peraturan yang berlaku. Dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dalam penelitian ini merupakan peneliti observasi tidak langsung. Observasi dilakukan dengan menggunakan pedoman yang telah dipersiapkan. Observasi digunakan untuk mengamati dan mengetahui kondisi transportasi, kondisi jalur pejalan kaki dan jalur sepeda serta interaksi stakeholders dalam governance yang dilakukan di kota Yogyakarta. Dari hasil survey pejalan kaki dan pesepeda dapat disimpulkan bahwa 53 responden (53%) merasa sangat perlu, 34responden (34%) merasa perlu, 13 responden (13%) merasa cukup perlu, 0 responden (0%) yang merasa tidak perlu, untuk itu sangat perlu pembangunan atau adanya trotoar dan jalur sepeda pada lokasi penelitian, dan 65 responden (65%) merasa sangat baik, 18 responden (18%) merasa baik, 17 responden (17%) merasa cukup baik, 0 responden yang merasa tidak baik (0%), dan 0 responden sangat tidak baik (0%), dalam perawatan dan fasilitas yang disediakan. Dari data tersebut disimpulkan bahwa trotoar dan jalur pesepeda yang berada di lokasi Cik Di Tiro - Suroto layak dan sudah sesuai syarat standar dan ketentuan Bina Marga. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perubahan bahwa pada jalan Cik Di Tiro direkomendasikan untuk menambah fasilitas bagi pejalan kaki dalam penyebrangan zebra cross (ZC) dengan menggunakan pelican dan pelindung sedangkan pada jalan Suroto direkomendasikan menggunakan jalur penyeberangan Zebra Cross (ZC), dan pada jalur pesepeda penerapan jalur sepeda memerlukan kelengkapan infrastruktur , penyediaan infrastruktur. secara prioritas infrastruktur ini diharapkan mampu mempertahankan keberlanjutan jalur pejalan kaki dan sepeda serta penggunaannya sebagai alternatif transportasi perkotaan yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fasilitas infrastruktur jalur pejalan kaki dan pesepeda dalam tata kelola Transportasi, sebagai alternatif Transportasi perkotaan yang aman dan ramah lingkungan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Jan 2018 08:44
Last Modified: 05 Jan 2018 08:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13363

Actions (login required)

View Item View Item