Peran Photo Contest di Social Media dalam Meningkatkan Brand Engagement Distribution Store (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Instagram Photo Contest @frogstonecloth dalam Meningkatkan Brand Engagement Pada Followers di Yogyakarta)

HADI, ALBERT ANGGA DHARMA (2017) Peran Photo Contest di Social Media dalam Meningkatkan Brand Engagement Distribution Store (Studi Deskriptif Kualitatif Peran Instagram Photo Contest @frogstonecloth dalam Meningkatkan Brand Engagement Pada Followers di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ALBERT ANGGA DHARMA HADI)
KOM04694.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Photo contest saat ini dilakukan secara online melalui social media, kegiatan ini dilakukan oleh pemasar untuk meningkatkan brand engagement. Instagram merupakan salah satu social media yang sesuai dalam pelaksanaan kegiatan photo contest. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengupload konten fotografi ke Instagram berdasarkan hashtag khusus pada waktu yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mengenai peran photo contest di Instagram @frogstonecloth dalam meningkatkan brand engagement pada distro Frogstone. Penelitian ini menggunakan konsep cognitive, affective, dan behavioural dalam media dependency theory untuk menganalisis penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan jenis kualitatif dengan analisis bersifat deskriptif, dengan objek penelitian distribution store Frogstone di Yogyakarta. Narasumber penelitian ini adalah owner yang juga merupakan pengelola social media @frogstonecloth, pemenang photo contest dan nominasi pemenang photo contest. Dalam analisis data digunakan model interactive yang melakukan reduksi data, penyajian data dan penyampaian kesimpulan dan verifikasi data. Terdapat penghitungan metrics engagement rate yang berguna untuk melengkapi deskripsi dan trianggulasi data pada sisi dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kegiatan photo contest di Frogstone tidak didasari oleh konsep yang sesuai dengan teori yang dipaparkan. Walaupun tidak dilakukan perencanaan strategis dalam pelaksanaanya, kegiatan ini tetap memperoleh engagement atau interaksi dari followers @frogstonecloth. Ketika dianalisis melalui teori media dependency dan tipe engagement ternyata terdapat beberapa pernyataan yang menjelaskan kesesuaian dengan teori. Kesesuaian dengan teori menjelaskan bahwa kegiatan photo contest memiliki peran positif dalam pelaksanaanya sehingga dapat meningkatkan brand engagement pada followers khususnya yang berada di Yogyakarta. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan kegiatan photo contest berperan pendukung kegiatan komunikasi pemasaran yang berhasil meningkatkan brand engagement. Konten yang dibagikan oleh pengelola social media berhasil memanjakan followers dan akhirnya bergantung pada media Instagram dalam akun @frogstonecloth. Ketergantungan followers pada akun @frogstonecloth ditemukan karena konten photo contest menampilkan foto yang unik dan “keren”. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa seharusnya kegiatan ini memiliki kriteria yang jelas dalam menentukan pemenang, sehingga tidak ada kecemburuan diantara kontestan dan tentunya dapat meningkatkan interaksi antara followers dan brand sehingga menjadi perangsang pembelian segera.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: social media, photo contes, Instagram, brand engagement
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jan 2018 10:03
Last Modified: 08 Jan 2018 10:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13391

Actions (login required)

View Item View Item