Christiaan, Frans Fernando (2017) ANALISIS PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP TINGKAT PELAYANAN TRANS YOGYA (Studi Kasus Trans Jogja Trayek 3A). S1 thesis, UAJY.
Text (Frans Fernando Christiaan)
TS15123.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh angkutan umum sebagai salah satu sarana transportasi perkotaan bagi masyarakat sangat memegang peranan penting khususnya di Yogyakarta, karena itu perlu banyak masukan untuk menjawab tantangan-tantangan bagi penyelenggaraan Bus Trans Jogja sehingga dapat dilakukan pembenahan dan perbaikan dari segi pelayanan untuk konsumennya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah guna memahami tingkat preferensi pelayanan Bus Trans Jogja dalam mempengaruhi kepuasan penggunanya, menemukenali faktor-faktor permasalahan yang mempengaruhinya sehingga dapat dirumuskan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan mutu pelayanannya, dan rekomendasi perbaikan kualitas pelayanan kepada operator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel melalui random sampling dengan jumlah sampel 100 responden yaitu penumpang Bus Trans Jogja. Variabel pengamatan sebanyak 46 variabel yang berkaitan dengan atribut mutu pelayanan Bus Trans Jogja. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan analisis faktor. Hasil penelitian menemukan 11 faktor yang dipertimbangkan konsumen yang naik Bus Trans Jogja yaitu : faktor kemudahan dan ketersediaan, faktor kesediaan membantu, faktor keberadaan halte dan kapasitas penumpang, adalah faktor ketiga tingkat pelayanan, faktor pelayanan petugas loket, faktor penempatan halte dan loket pembelian tiket, faktor kebersihan dan penerangan halte di malam hari, faktor ketertiban dan falisitas keselamatan diri, faktor area dan kesediaan informasi di halte, faktor pertolongan dan rasa aman, adalah faktor kesembilan tingkat pelayanan, faktor kelancaran perjalanan, faktor informasi perjalanan, dan faktor tingkat pelayanan. Berdasarkan analisis faktor dapat diusulkan suatu rekomendasi peningkatan atau perbaikan pelayanan penumpang bus, kepada operator atau pengelola Bus Trans Jogja
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trans Jogja, Persepsi, Penumpang, Tingkat Pelayanan, Analisis Faktor |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 12:12 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 12:12 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13446 |
Actions (login required)
View Item |