PENGARUH JUMLAH PENGUNGKAPAN CSR YANG BERSIFAT SUKARELA TERHADAP ABNORMAL RETURN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA LQ45 PADA PERIODE 2014 HINGGA 2015)

AEGIPUTRANTO, FREDERICO ADRIAN (2017) PENGARUH JUMLAH PENGUNGKAPAN CSR YANG BERSIFAT SUKARELA TERHADAP ABNORMAL RETURN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA LQ45 PADA PERIODE 2014 HINGGA 2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FREDERICO ADRIAN AEGIPUTRANTO)
EA20327.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji relevansi informasi pengungkapan CSR yang bersifat sukarela terhadap reaksi pasar. Reaksi pasar di proksikan dengan abnormal return kumulatif yang diterima investor di sekitar tanggal penerbitan laporan tahunan. Sementara pengungkapan CSR yang bersifat sukarela diproksikan dengan CSR disclosure index, yaitu tingkat pengungkapan item-item informasi CSR diluar dari item yang di wajibkan oleh peraturan Bapepam No.X.K.6 revisi 2012 Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada LQ45 pada periode 2014 – 2015. Melalui kriteria yang telah ditetapkan, didapat 53 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan total pengamatan sebanyak 90 pengamatan. Hasil Uji regresi yang dilakukan memberikan hasil bahwa jumlah pengungkapan CSR yang bersifat sukarela tidak berpengaruh terhadap abnormal return kumulatif yang di dapat oleh investor di sekitar tanggal penerbitan laporan tahunan. Sementara variabel kontrol yang digunakan yaitu ROE dan PER memiliki pengaruh positif signifikan terhadap abnormal return.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CSR, Pengungkapan Sukarela, abnormal return, ROE, PER
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jan 2018 08:23
Last Modified: 11 Jan 2018 08:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13452

Actions (login required)

View Item View Item