PENGARUH AUDIT TENURE,OPINION SHOPPING DAN PREDIKSI KEBANGKRUTAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2015

Sibero, Aneeta Lhetaria (2017) PENGARUH AUDIT TENURE,OPINION SHOPPING DAN PREDIKSI KEBANGKRUTAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011-2015. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Aneeta Lhetaria Sibero)
EA19834.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Auditor dalam mengeluarkan opini audit suatu perusahaan perlu memberikan pernyataan mengenai kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Apabila ada keraguan mengenai kelangsungan hidup suatu perusahaan maka auditor perlu mengungkapkannya dalam laporan opini audit (Hani et. al., 2003 dalam Puspitasari, 2014). Banyak faktor yang mempengaruhi opini audit going concern, antar lain audit tenure, opinion shopping dan prediksi kebangkrutan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Audit Tenure terhadap Opini Audit Going Concern, mengetahui pengaruh Opinion Shopping terhadap opini audit going concern dan mengetahui pengaruh prediksi kebangkrutan terhadap opini audit going concern. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2010-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit tenure tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, opinion shopping tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern dan potensi kebangkrutan berpengaruh terhadap opini audit going concern, perusahaan sehat maka akan mendapatkan opini audit non going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audit tenure, Opinion shopping, Prediksi kebangkrutan, Opini audit going concern
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jan 2018 09:06
Last Modified: 19 Jan 2018 09:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13498

Actions (login required)

View Item View Item