USULAN STRATEGI PROMOSI PADA UKM KAOS THANKFULCLOTH YOGYAKARTA BERDASARKAN HASIL SEGMENTASI KONSUMEN DENGAN ANALISIS CLUSTER DAN ANALISIS CROSSTABS

TRIONO, IRWAN (2017) USULAN STRATEGI PROMOSI PADA UKM KAOS THANKFULCLOTH YOGYAKARTA BERDASARKAN HASIL SEGMENTASI KONSUMEN DENGAN ANALISIS CLUSTER DAN ANALISIS CROSSTABS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (IRWAN TRIONO)
TI06787.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Thankfulcloth adalah sebuah UKM yang menjual kaos di Daerah Istimewa Yogyakarta. Thankfulcloth memproduksi dan menjual kaos yang bertema rohani. Thankfulcloth pertama kali berdiri pada tanggal 23 September 2012. Dalam hal pemasaran, segmentasi kaos rohani cukup terbatas, menyebabkan kaos rohani kurang dikenal oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, pengembangan segmentasi kaos rohani harus didasarkan pada karakteristik dan preferensi konsumen. Thankfulcloth melakukan penitipan kaos dilakukan secara acak tanpa mengetahui sasaran konsumen yang tepat. Dengan cara penjualan tersebut penjualan produk Thankfulcloth tidak dapat berkembang. Berdasarkan data penjualan produk Thankfulcloth sejak September 2012 hingga November 2014 diketahui bahwa jumlah angka penjualan kaos rohani pada Thankfulcloth tidak meningkat. Hal tersebut menyebabkan perusahaan kesulitan dalam menyiapkan stock kaos setiap bulannya. Untuk menentukan cara penjualan yang tepat, Thankfulcloth harus mengetahui segmentasi konsumen. Dari masalah tersebut peneliti menggunakan analisis crosstabs dan analisis cluster untuk mengetahui segmentasi konsumen. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan segmentasi konsumen terdapat 4 cluster dan tabulasi silang antara pekerjaan dengan event pembelian kaos, cara mendapatkan kaos, dan penghasilan. Hasil dari diskusi dengan pemilik ditentukan strategi promosi dengan menggunakan brosur

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Analisis Cluster, Analisis Crosstabs.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2018 12:18
Last Modified: 22 Jan 2018 12:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item