LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SMP KANISIUS EKSPERIMENTAL DI DUSUN MANGUNAN, DESA KALITIRTO, KECAMATAN BERBAH, KABUPATEN SLEMAN, D. I. YOGYAKARTA (BERDASARKAN PENDEKATAN ENVIRONMENTAL POSSIBILISM)

KURNIAWATI, VINCENSIA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SMP KANISIUS EKSPERIMENTAL DI DUSUN MANGUNAN, DESA KALITIRTO, KECAMATAN BERBAH, KABUPATEN SLEMAN, D. I. YOGYAKARTA (BERDASARKAN PENDEKATAN ENVIRONMENTAL POSSIBILISM). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TA146510.pdf

Download (601kB)
[img] Text (BAB I)
TA146511.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
TA146512.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
TA146513.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text (BAB IV)
TA146514.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB V)
TA146515.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB VI)
TA146516.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Sekolah eksperimental merupakan suatu sarana belajar alternatif dari sekolah formal yang memiliki kurikulum tambahan yang menerapkan pembelajaran eksperimen yang mengajarkan siswanya untuk belajar dengan metode peserta didik aktif. Kurikulum ini muncul karena adanya permasalahan pendidikan terutama pendidikan di masa sekarang ini yang hanya mementingkan penerimaan informasi secara teori dan kecerdasan akademis daripada perkembangan diri anak secara utuh seperti kepribadian, tingkah laku, dan pemahaman terhadap nilai-nilai budaya dan masyarakat. Dalam Visi D.I. Yogyakarta dan arah pembangunan Kabupaten Sleman diketahui bahwa mutu dan kualitas pendidikan di D.I. Yogyakarta sangatlah diperhatikan. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya sekolah menengah dapat menghambat terwujudnya hal tersebut. Dengan adanya pembelajaran tambahan yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mempelajari lebih dalam tentang kehidupan, tentunya sekolah yang berkualitas ini diharapkan dapat membantu memenuhi sasaran dan tujuan dari pembangunan tersebut khususnya dalam tingkat SMP. Selain kurikulum pendidikan yang berbeda, SMP Kanisius Eksperimental mengajarkan kepada para siswanya untuk menintegrasikan diri dengan lingkungan sekitar. Sifat alami anak yang eksploratif dan kreatif dapat diakomodasi dengan interaksinya dengan lingkungan sekitar. Environmental Possibilism merupakan pendekatan di mana lingkungan memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi perilaku manusia dengan tidak mutlak. Artinya adalah manusia masih mempunyai pilihan untuk melakukan hal-hal yang akan dilakukan atau tidak dilakukan. Dengan pendekatan environmental possibilism maka sifat eksploratif, kreatif, dan integral pada anak akan dapat lebih diakomodasi dan pembelajaran pada anak dapat berjalan dengan lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SMP Kanisius Eksperimental, Environmental Possibilism
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:31
Last Modified: 26 Jan 2018 09:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13583

Actions (login required)

View Item View Item