PENGARUH KARAKTERISTIK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2016

Barus, Sabar Ita Br. (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2016. .. pp. 1-15. ISSN .

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate governance terhadap financial distress suatu perusahaan. Secara khusus, penelitian ini membahas karakteristik corporate governance, yang terdiri dari konsentrasi kepemilikan, kepemilikan pemerintah, kepemilikan manajerial, komisaris independen, biaya agensi manajerial dan opini audit yang dapat mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan 49 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2016 yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi logistik Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan di semua variabel karakteristik corporate governance dan hanya komisaris independen, biaya agensi manajerial, dan leverage yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial distress perusahaan sehingga karakteristik corporate governance belum dapat dijadikan alat ukur untuk mengurangi financial distress di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, Financial Distress, Logistic Regression
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jan 2018 10:58
Last Modified: 26 Jan 2018 10:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item