EVALUASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PERMINTAAN POTONGAN HARGA KHUSUS TARIF SEWA KAMAR PADA SAAT LOW SEASON (Studi Kasus di Fave Hotel Solo Baru )

Handoko, Amanda Setiono (2017) EVALUASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PERMINTAAN POTONGAN HARGA KHUSUS TARIF SEWA KAMAR PADA SAAT LOW SEASON (Studi Kasus di Fave Hotel Solo Baru ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Amanda Setiono Handoko)
EA20167.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengambilan keputusan Fave Hotel Solo Baru yang menerima seluruh permintaan potongan harga khusus tarif sewa kamar yang lebih besar dari potongan yang telah ditetapkan pada saat low season. Analisis biaya relevan dilakukan untuk menghitung biaya-biaya yang terjadi dalam satu kamar standar dan akan digunakan sebagai dasar untuk mengevaluasi keputusan pihak hotel dalam menerima atau menolak permintaan potongan harga khusus, serta digunakan untuk menghitung estimasi harga jual minimum pada saaat low season tahun 2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari bulan Januari hingga September 2016. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam melakukan analisis meliputi:(1) Identifikasi seluruh biaya yang terjadi di Fave Hotel Solo Baru, (2) Mengelompokkan biaya yang termasuk biaya relevan dan tidak relevan, (3) Melakukan evaluasi tepat atau tidaknya keputusan yang telah diambil oleh Fave Hotel Solo Baru dari total biaya relevan yang terjadi dalam satu kamar tipe Standar, (4) Menentukan harga jual minimum tahun 2017 dengan metode biaya relevan. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan yaitu : (1) Keputusan yang dilakukan oleh Fave Hotel yang menerima seluruh potongan harga khusus pada saat low season tidak sepenuhnya tepat. (2) Estimasi harga jual minimum tarif sewa kamar Fave Hotel Solo Baru pada saat low season tahun 2017 adalah Rp286.383,-.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permintaan Potongan Harga Khusus, Low Season, Biaya Relevan, Penentuan Harga Jual Minimum, Fave Hotel Solo Baru
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Jan 2018 12:51
Last Modified: 31 Jan 2018 12:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13671

Actions (login required)

View Item View Item