ANALISIS PROFITABILITAS BERDASARKAN SEGMENTASI LINI PRODUK DENGAN PENDEKATAN VARIABLE COSTING (STUDI KASUS PADA PT ASELI DAGADU DJOKDJA)

Riangganis, Sanca Bening (2017) ANALISIS PROFITABILITAS BERDASARKAN SEGMENTASI LINI PRODUK DENGAN PENDEKATAN VARIABLE COSTING (STUDI KASUS PADA PT ASELI DAGADU DJOKDJA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Sanca Bening Riangganis)
EA19435.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen margin yang diterima pada setiap lini produk dan memberikan solusi yang tepat pada setiap lini produk yang memberikan laba paling kecil pada PT Aseli Dagadu Djokdja. Data yang digunakan merupakan data primer yang diambil secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan variable costing. Berdaasarkan penelitian ang telah dilakukan, ditemukan bahwa selain memproduksi kaos oblong PT Aseli Dagadu Djokdja juga memproduksi produk pernik. Lini produk pernik yang terdiri dari mug, ganci, topi, tas, dompet, dan sandal menyumbang sebesar 48% terhadap laba penjualan produk Dagadu. Pertimbangan peluncuran ragamragam produk tersebut semata-mata didasarkan pada kemampuan produksi ketimbang pasar, sehingga perusahaan tiddak tahu produk apa saja pada bagian pernik yang memberikan kontribusi laba tertinggi. Untuk mengetahui produk pernik mana saja yang memberikan kontribusi laba pada PT Aseli Dagadu Djokdja maka dilakukanya penghitungan laporan laba rugi segmen dengan menggunakan metode variable costing. Maka dapat diketahui produk yang mengalami laba adalah mug, tas, sandal, dan gantungan kunci, gantungan kunci memberikan kontribusi laba terbesar yakni sebesar Rp 108.822.263 dengan rasio margin sebesar 56%, sedangkan produk-produk yang mengalami kerugian adalah produk topi dan dompet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, lini produk, pelaporan segmen, varible costing
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Feb 2018 09:28
Last Modified: 01 Feb 2018 09:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item