PENGARUH KOMPENSASI EKSEKUTIF, DAN KEPEMILIKAN SAHAM EKSEKUTIF TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2014)

Sihombing, Jhohanes Lambok Edward (2017) PENGARUH KOMPENSASI EKSEKUTIF, DAN KEPEMILIKAN SAHAM EKSEKUTIF TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2014). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Jhohanes Lambok Edward Sihombing)
EA18800.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi eksekutif, dan kepemilikan saham eksekutif terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini menggunakan logartima natural dari total kompensasi secara kas yang diterima direksi sebagai pengukur kompensasi eksekutif, dan persentase kepemilikan saham direksi sebagai pengukur kepemilikan saham eksekutif, sedangkan penghindaran pajak diukur menggunakan rumus current ETR, yaitu membagikan beban pajak kini dengan laba sebelum pajak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang telah go public dan listed di Bursa Efek Indonesia periode 2010- 2014. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda untuk melihat pengaruh variabel independen yaitu kompensasi eksekutif, dan kepemilikan saham eksekutif terhadap variabel dependen yaitu penghindaran pajak. Hasil dari penelitian ini adalah kompensasi eksekutif berpengaruh positif dan signifikan terhadap penghindaran pajak, sedangkan kepemilikan saham eksekutif tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompensasi Eksekutif, Kepemilikan Saham Eksekutif, dan Penghindaran Pajak.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Feb 2018 10:33
Last Modified: 01 Feb 2018 10:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item View Item