LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT BUDIDAYA KEPITING BAKAU DI BALIKPAPAN

NATASIA, YESSICA ANNA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT BUDIDAYA KEPITING BAKAU DI BALIKPAPAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YESSICA ANNA NATASIA)
TA14427.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Balikpapan merupakan salah satu daerah di Kalimantan Timur yang memiliki kekayaan lautan. Kota Balikpapan yang letaknya di pinggir laut menjadikan potensi untuk pertumbuhan hutan bakau. Hutan bakau merupakan habitat asli dari berbagai macam hewan laut, salah satunya adalah kepiting bakau. Banyak kepiting bakau hidup di hutan bakau (mangrove) yang lingkungannya kurang terawat sehingga mengakibatkan kepunahan pada hewan tersebut. Selain lingkungan yang kurang terawat, penangkapan kepiting bakau secara terus menerus juga menjadi ancaman kepunahan populasi kepiting bakau. Oleh karena itu, untuk melestarikan kepiting bakau tanpa harus memberi dampak besar bagi kepunahan kepiting bakau, caranya adalah dengan membudidayakan kepiting bakau sehingga dapat terkontrol. Kepiting bakau harus dikontrol setiap hari agar tidak terjadi gagal panen, sehingga untuk mempermudah dalam pengontrolan kepiting bakau, diperlukan rumah tinggal bagi petani tambak. Selain itu, untuk mewadahi pengunjung yang ingin merasakan makanan dengan menu utama kepiting bakau, akan dirancang restoran/rumah makan dan tempat penjualan oleh-oleh makanan khas Balikpapan di dalam Pusat Budidaya Kepiting Bakau di Balikpapan. Pusat Budidaya Kepiting Bakau di Balikpapan diharapkan menjadi solusi dalam mengatasi kepunahan kepiting bakau. Kondisi pusat budidaya kepiting bakau yang ramah lingkungan sangat dibutuhkan sehingga dalam perancangan Pusat Budidaya Kepiting Bakau ini mengedepankan konsep rumah lamin pada Arsitektur Tradisional Kalimantan Timur yang memaksimalkan material dan peletakan massa yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat, Budidaya, Kepiting Bakau, Ramah Lingkungan, Rumah Lamin, Arsitektur Tradisional Kalimantan Timur
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Feb 2018 09:33
Last Modified: 05 Feb 2018 09:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13705

Actions (login required)

View Item View Item