LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN SEKOLAH ATLET SEPAK BOLA DI YOGYAKARTA

PRIAMBODO, DENNY (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN SEKOLAH ATLET SEPAK BOLA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DENNY PRIAMBODO)
TA14199.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27Mb)

Abstract

Sekolah sepak bola merupakan suatu wadah pembinaan atlet di bidang sepak bola sejak usia dini. Di indonesoa tercatat sudah ada ratusan sekolah sepak bola yang terkenal dan menjadi jujukan para anak – anak yang bercita cita menjadi pemain sepak bola. Dari tahun ke tahun sekolah sepak bola terus bertambah seiring dengan bertambahnya minat dan bakat anak – anak usia dini di bidang olah raga sepak bola. Kota Yogyakarta merupakan tonggak berdirinya induk sepak bola di Indonesia, yaitu Perserikatan Sepak Bola Indonesia (PSSI) yang diakui federasi sepak bola dunia (FIFA). Konferensi pertama yang dilakukan oleh perwakilan FIFA dengan pihak Indonesia terjadi di Kot Yogyakrta, pada kisarann tahun 30 an. Namun prestasi klub sepak bola yang ada kota pelajar ini belum memuaskan masyarakat pecinta sepak bola yang ada di kota ini, dikarenakan ke -3 klub sepak bola di Yogyakarta yaitu PSS (Sleman), Persiba (Bantul) dan PSIM (Yogyakarta) belum pernah menjuarai turnament atau liga kasta tertinggi yang ada Indonesia. Dan yang lebih miris, belum ada satupun SSB (Sekolah Sepak Bola) di Yogyakarta yang terdaftar secara resmi di Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI). Kondisi inilah yang membuat munculnya Pusat Pengembangan dan Sekolah Atelit Sepak Bola di Yogyakarta. Di sini para atelit sepak bola sejak usia dini tidak hanya diajarkan mengenai teknik – teknik dasar bermain sepak bola saja, melainkan akan bersekolah sebagaimana mestinya, seperti anak seusia mereka. Pusat Pengembangan dan Sekolh Sepak Bol ini hadir dengan mengedepankan standar – standar yang dimiliki oleh ASSBI dan FIFA, guna menambah kualitas para peserta didiknya Penekanan studi pada Pusat Pengembangan dan Sekolah Atelit Sepak Bola ini menekankan pada wujud ruang yang dinamis dan mengedepankan penataan tata ruang luar dan ruang dalam bangunan, dengan pendekatan konsep permainan tiki – taka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Sepak Bola di Yogyakarta, Sekolah Sepak Bola, Konsep Permainan tikitaka, fasad yang dinamis, tata ruang luar bangunan
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:59
Last Modified: 06 Feb 2018 07:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item View Item