LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN HOTEL RESORT DI PANTAI NGUYAHAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL STUDI KELUARGA DALAM DAN LUAR NEGERI

PRIBADI, YOANES BABTIS DELA SALLE TUMINGIN BANGGA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN HOTEL RESORT DI PANTAI NGUYAHAN KABUPATEN GUNUNGKIDUL STUDI KELUARGA DALAM DAN LUAR NEGERI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YOANES BABTIS DELA SALLE TUMINGIN BANGGA PRIBADI)
TA13482.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193MB)

Abstract

Pantai nguyahan adalah pantai yang memiliki keindahan alam yang masih alami dan belum terkenal di kabupaten gunung kidul. Pantai nguyahan sendiri adalah deretan pantai yang berjajar pantai sejenis antara lain dari sisi timur adalah pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran yang berjarah 200m sebelum Pantai Nguyahan, Pantai Pringjono, Pantai Ngetun. Banyak potensi yang di miliki berupa pemandangan sunset di sisi barat serta pemandangan para petani rumput laut maupun petani palawija di sisi utara pantai. Daya tarik utama wisatawan Pantai Nguyahan adalah alam serta pemandangan alam serta kegiatan yang ada di sekitar pantai. Oleh karena itu, Hotel Resor ini lebih menekankan pada pengalaman alam dan petualangan yang dapat dirasakan oleh wisatawan. Petualangan yang dimaksud disini berupa pengalaman fisik dan non-fisik yang dapat dirasakan oleh panca indera manusia. Pengalaman fisik adalah pengalaman yang dilihat melalui bentuk fisik bangunan Hotel Resor yaitu kegiatan para neyan yang menamcing dan petani bercocok tanam di sekitar site serta privasi di dalam cottage yang ada di dalam site. Pengolahan lingkungan sangat penting dalam pengolahan tata ruang luar sehingga dapat kesan yang sangat privasi di dalam cottage dengan pendekatan suasana bagi wisatawan ataupun pengunjung hotel resor bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Hotel resor sendiri memiliki bebrapa jenis cottage berdasarkan jenis dan karakter keluarga maupun yang bersifat kekeluargaan diharapkan dapat membantu wisatawan agar dapat merasakan pengalaman seperti di rumah sendiri sehingga memberikan kesan setelah meninggalkan tempat ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hotel, resor, hotel resor, pantai nguyahan, cottage
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Feb 2018 09:43
Last Modified: 06 Feb 2018 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13720

Actions (login required)

View Item View Item