LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PELAYANAN DAN PEMBINAAN KEPRIBADIAN ANAK TK DAN SD DI BANTUL MELALUI PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK

WICAKSONO, GREGORIUS RENDRAS (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PELAYANAN DAN PEMBINAAN KEPRIBADIAN ANAK TK DAN SD DI BANTUL MELALUI PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (GREGORIUS RENDRAS WICAKSONO)
TA14286.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Perhat ian akan tumbuh kembang anak sejak dini hingga menjelang remaja harus ada pada set iap benak orang tua, agar anaknya tumbuh dan berkembang secara opt imal , baik f isik maupun non- f isik. Anak merupakan aset yang pal ing berharga dalam keluarga maupun kehidupan sosial , sehingga anak membutuhkan asuhan berupa pelayanan yang baik dan pemb inaan yang benar terkhusus dar i orang tua. Namun saat ini upaya orang tua untuk mendidik anak sendir i dirasa kurang karena minimnya waktu bersama antara orang tua dan anak. Hal ini dikarenakan orang tua cenderung sibuk dengan urusan peker jaan. Pengasuhan anak ang salah dapat menyebabkan anak tumbuh dan berkembang t idak sesuai tahapannya karena anak usia dini per lu di lat ih kemampuan f isik dan otaknya, karena pada masa usia dini sampai menjelang remaja merupakan waktu anak belajar dan menyerap apaun yang ada diseki tar l ingkungannya dengan pesat . Pusat Pelayanan dan Pembinaan Kepr ibadian Anak ber tugas melayani pengasuhan dan pendidikan bagi anak usia dini sampai usia menjelang remaja dalam masa tumbuh kembangnya. Layanan ini diharapkan mampu memunculkan par t isipasi masyarakat khususnya orang tua agar mempunyai kepedul ian dan kepekaan terhadap putera-puter inya yang membutuhkan pelayanan dan pembinaan yang sesuai , khususnya di Kabupaten Bantul yang merupakan salah satu kota pendidikan di Yogyakar ta. Tempat pelayanan dan pendidikan atau pembinaan anak menuntut penciptaan suasana ruang yang dapat merangsang perkembangan anak, khususnya perkembangan motor ik halus dan kasar anak. Sistem pelayanan dan pembinaan anak di sampaikan dengan cara yang edukat i f dan rekreat i f sehingga anak diajak untuk belajar sambi l bermain sebagai landasan utama. Dalam proses perwujudannya di lakukan anal isis terhadap ruang berdasarkan psikologi anak dan per i laku anak yang akt i f , bebas, emosional , ser ta cenderung berubah-ubah sebagai pendekatannya. Di lakukan dengan cara pengolahan tata ruang, pemakaian warna, adanya keamanan dan pengawasan terhadap anak dan khususnya memanfaatkan unsur alam. Pusat Pelayanan dan Pembinaan Anak diharapkan mampu menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi anak dan mampu menar ik perhat ian orang tua terhadap tumbuh kembang anaknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan dan pembinaan anak TK dan SD, Bantul , Psikologi anak, Pendidikan, Tata ruang
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Feb 2018 10:09
Last Modified: 06 Feb 2018 10:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item View Item