LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RESORT DI KAWASAN WISATA KALIURANG DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS

PARASTIKA, EGA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RESORT DI KAWASAN WISATA KALIURANG DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EGA PARASTIKA)
TA14170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan Pemerintah Daerah (UU RI No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan). Usaha pariwisata yang berkembang di negara Indonesia memiliki berbagai tujuan khusus yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan di berbagai lapisan masyarakat. Berbagai potensi alam yang berada di negara kepulauan ini menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan, baik domestik atau mancanegara, untuk berlibur dan melepaskan waktu senggang. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan tujuan pariwisata utama yang berada di Pulau Jawa. Keanekaragaman alam dan budaya yang tersebar di penjuru daerah ini menjadi daya tarik wisatawan yang datang. Selain wisata budaya, yang umumnya sudah banyak diketahui, juga terdapat banyak wisata alam yang bahkan masih belum diketahui oleh banyak masyarakat di Indonesia. Potensi alam yang berada di provinsi ini memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan pariwisata di provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa ini. Obyek wisata budaya yang menjadi tujuan wisata kebanyakan terdapat di kota Yogyakarta dan sekitarnya, sedangkan obyek wisata alam yang menjadi tujuan wisata terdapat Kabupaten Sleman yang cukup luas serta pesona alamnya yang masih alami memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan adanya sarana bermukim sementara yang lebih bermutu, diharapkan akan meningkatkan pendapatan ekonomi di sektor pariwisata yang dapat mengangkat derajat hidup masyarakat sekitar, serta dapat memenuhi kebutuhan wisatawan yang tinggal. Kelestarian dan kekayaan dari kondisi alam sekitar diharapkan dapat tetap terjaga dengan adanya Resort akan mengundang wisatawan untuk tinggal lebih lama di daerah potensi alam Kalurang yang masih alami, khususnya di daerah Kaliurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Resort, Arsitektur Tropis, Rekreatif, Menyelaraskan dengan alam sekitar
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2018 09:23
Last Modified: 07 Feb 2018 09:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13728

Actions (login required)

View Item View Item