LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PANTI JOMPO BAGI LANSIA PEREMPUAN DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DALAM PENGOLAHAN TATA RUANG DALAM DAN LUAR

DWIKARINA, RARA TYAS (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PANTI JOMPO BAGI LANSIA PEREMPUAN DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DALAM PENGOLAHAN TATA RUANG DALAM DAN LUAR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RARA TYAS DWIKARINA)
TA14350.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13Mb)

Abstract

Lansia merupakan suatu proses alami yang tidak dapat dihindari. Yogyakarta mengalami peningkatan jumlah penduduk lansia setiap tahunnya. Pada tahun 2015 peningkatan mencapai 11% dari jumlah penduduk. Menurut data, jumlah lansia perempuan lebih banyak dari jumlah lansia laki-laki, sehingga dibutuhkan perhatian khusus bagi perempuan karena harapan hidup paling tinggi adalah perempuan. Jumlah penduduk lansia yang sebagian besar perempuan berpotensi mengalami diskriminasi dan dianggap sebagai penduduk yang tidak produktif karena usianya. Lansia perempuan mengalami banyak kemunduran (fisik biologis, mental psikis, sosial, ekonomi) yang akan berpengaruh pada aktifitas sehari-hari. Hal ini dapat menyebabkan mereka kurang kontak sosial yang akhirnya akan menimbulkan rasa kesepian. Interaksi sosial yang dibutuhkan lansia dalam mengatasi masalahnya. Selain itu banyak khasus keluarga yang tidak dapat merawat dan mengawasi lansia, banyak lansia terlantar dan hidup sebatangkara. Lansia membutuhkan sebuah wadah atau institusi yang dikenal dengan Panti Jompo. Panti Jompo yaitu suatu institusi yang memberikan pelayanan dan perawatan berupa jasmani, rohani, sosial serta perlindungan untuk lansia agar dapat menikmati taraf hidup secara wajar. Panti jompo menjadi untuk memberdayakan lansia. Masalah yang dipecahkan dalam rancangan Panti Jompo ini adalah lansia perempuan yang terlantar yang membutuhkan interaksi sosial. Melalui pendekatan arsitektur perilaku untuk memahami kebutuhan mendasar lansia dari aspek fisik dan psikologi, diharapkan dapat tercipta interaksi sosial sehingga lansia tidak merasakan kesepian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lanjut Usia, Panti Jompo
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2018 09:42
Last Modified: 07 Feb 2018 09:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item View Item