LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MUSEUM SEJARAH SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO DI YOGYAKARTA

HARTONO, LUSIA HASTA DEWI (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MUSEUM SEJARAH SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LUSIA HASTA DEWI HARTONO)
TA14131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kesultanan Yogyakarta merupakan bagian keistimewaan Yogyakarta dan sultan yang merupakan simbol pemimpin rakyat Yogyakarta. Sejarah kebudayaan memiliki peran penting untuk membangun masa depan yang lebih baik dengan mempelajari dinamika, dan problematika sejarah Hamengku Buwono. Selain itu masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dalam pemenuhan kebutuhan rohani yaitu sebagai sarana rekreatif. Permasalahan pada Museum Sejarah Sri Sultan Hamengku Buwono di Yogyakarta adalah bagaimana landasan konseptual Museum Sejarah Sri Sultan Hamengku Buwono di Yogyakarta yang edukatif dan rekreatif melalui pengolahan tata ruang dan tata rupa menggunakan pendekatan Neo-Vernakular. Permasalahan akan diselesaikan melalui pengolahan tata rupa dan tata ruang yang memiliki unsur edukatif dan rekreatif sehingga dapat membuat rancangan yang dapat menarik minat masyarakat untuk belajar maupun berekreasi. Pengolahan arsitektur Neo-Vernakular diwujudkan melalui pengolahan bentuk dari Joglo Kraton dan juga filosofi pohon yang ada di sekitar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.Pohon tersebut adalah Pohon Beringin, Pohon Bodhi, Pohon Kepel Watu, Pohon Kemuning, dan Pohon Jambu Darsana. Pengolahan ruang maupun pengolahan rupa dari bangunan akan berdasarkan filosofi dan adat bangunan setempat yaitu Joglo. Pengolahan edukatif dan rekreatif diterapkan pada sirkulasi, tata ruang, hirarki, dan suasana terbentuk. Museum ini memiliki kelebihan yang berbeda dari museum lainnya, contohnya adalah tata ruang yang memiliki makna yang mewakili ciri dari sultan. Selain itu makna kepemimpinan juga dapat dirasakan dari tata rupa bangunan. Tampilan edukatif dan rekreatif dapat membuat pengunjung tertarik untuk menikmati fasilitas yang berada di Yogyakarta ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Museum, Sejarah, Sri Sultan Hamengku Buwono, Arsitektur Neo- Vernakular, dan Filosofi Pohon Kraton
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2018 10:18
Last Modified: 07 Feb 2018 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13731

Actions (login required)

View Item View Item