LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT WISATA KULINER MULTIKULTURAL ORIENTAL DI YOGYAKARTA STUDI TAMPILAN INTERIOR DAN ELEMEN PENGHUBUNG MASSA BANGUNAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR VERNAKULAR

EFENDI, PATRICIA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT WISATA KULINER MULTIKULTURAL ORIENTAL DI YOGYAKARTA STUDI TAMPILAN INTERIOR DAN ELEMEN PENGHUBUNG MASSA BANGUNAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR VERNAKULAR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PATRICIA EFENDI)
TA14779.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Kota Yogyakarta dikenal sebagai tempat pariwisata karena dapat ditemukan banyak tempat wisata di kota ini. Pemerintah berusaha meningkatkan dan mengembangkan kota Yogyakarta sebagai kota pariwisata dari tahun ke tahun. Perekonomian daerah yang semakin meningkat menjadi alasan pengembangan tersebut. Kota Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pariwisata juga dikenal sebagai kota pelajar. Dilihat dari jumlah perguruan tinggi yang berjumlah 142, menandakan banyak sekali pelajar yang datang dan melanjutkan studi di kota pelajar ini. Tempat kuliner juga semakin banyak di area wisata dan perguruan tinggi. Peningkatan perekonomian daerah dan kebutuhan pangan para pelajar dapat dipenuhi dengan adanya tempat kuliner yang khas dan mampu menarik minat pengunjung. Pusat Wisata Kuliner Multikultural di Yogyakarta ingin menciptakan tempat kuliner bagi wisatawan dan pelajar yang memiliki sesuatu yang khas yaitu suasana wisata alam dan restoran dengan budaya serta jenis makanan dari 4 negara berbeda yaitu Indonesia, Jepang, China, dan Korea. Sifat khas multikultural budaya dapat diperoleh melalui pendekatan prinsip arsitektur vernakular. Arsitektur vernakular mampu menghadirkan suasana budaya dan wisata alam dengan unsur tradisional namun dengan teknologi masa kini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2018 10:48
Last Modified: 07 Feb 2018 10:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13732

Actions (login required)

View Item View Item