LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN REDESAIN RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT

CECILIA GO, CHRISTINE (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN REDESAIN RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CHRISTINE CECILIA GO)
TA14587.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Kesehatan Jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya. Terganggunya kesehatan jiwa dapat menimbulkan gangguan terhadap keamanan dan ketertiban umum, sehingga penderita gangguan wajib diobati dan dirawat di sarana pelayanan kesehatan jiwa atau sarana pelayanan kesehatan lainnya. Dalam penanganan kondisi kesehatan jiwa di Provinsi DI Yogyakarta telah terdapat RS Jiwa Grhasia sebagai sarana pelayanan kesehatan jiwa bertempat di Jalan Kaliurang KM 17. Namun, merujuk pada Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, pravalensi gangguan jiwa berat Provinsi DI Yogyakarta menduduki peringkat pertama pravalensi gangguan jiwa se-Indonesia. Sedangkan pravalensi gangguan mental emosional pada penduduk umur ≥15 tahun Provinsi DI Yogyakarta menduduki peringkat keempat tertinggi. Berdasarkan peninjauan terhadap kondisi lingkungan eksisting RSJ Grhasia, terdapat permasalahan tata letak gedung, dan standar bangunan yang menyesuaikan standar minimal bangunan Rumah Sakit pada umumnya yang kurang untuk pasien gangguan jiwa dengan kebutuhan corak dan bentuk khusus serta kelengkapannya dalam mendukung perawatan dan pengobatan. Redesain RSJ Grhasia bertujuan untuk menata fasilitas/gedung pada tapak dengan mempertimbangkan keterkaitan antar instalasi dalam kepengelolahan RSJ Grhasia, dan menciptakan lingkungan dengan corak dan bentuk yang mendukung perawatan dan pengobatan pasien gangguan jiwa dengan pendekatan Healing Environment. Healing Environment merupakan salah satu metode yang telah digunakan dalam menangani permasalahan/gangguan perilaku, dimana konsep lingkungan mendukung pasien untuk menjadi lebih baik dengan mengeliminasi faktor environmental stressors, disamping pengobatan terapi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Jiwa, Pasien Gangguan Jiwa, Redesain RSJ Grhasia Yogyakarta, Healing Environment
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2018 11:18
Last Modified: 07 Feb 2018 11:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13733

Actions (login required)

View Item View Item