LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PENERAPAN KARAKTER ARSITEKTUR JAWA PADA TAMAN KOTA DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA DI KOTA YOGYAKARTA

SEKARSARI, ANASTASIA NEYSA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PENERAPAN KARAKTER ARSITEKTUR JAWA PADA TAMAN KOTA DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ANASTASIA NEYSA SEKARSARI)
TA14609.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk dan perkembangan berbagai sektor dalam masyarakat menuntut pemerintah agar mampu menyediakan fasilitas ruang publik yang layak bagi masyarakat umum. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki pertumbuhan penduduk dan pembangunan pesat. Perilaku masyarakat Kota Yogyakarta yang gemar berinteraksi menunjukkan kebutuhan akan ruang publik sebagai sarana rekreasi dan interaksi. Selain kebutuhan akan fasilitas ruang publik, Kota Yogyakarta juga membutuhkan lahan bagi kegiatan perdagangan, terutama untuk pelaku industri kecil menengah. Objek studi yang dipilih dalam penulisan Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Arsitektur adalah Taman Kota. Taman kota merupakan lahan terbuka yang berfungsi sosial dan estetik sebagai sarana kegiatan rekreatif, edukasi atau kegiatan lain pada tingkat kota. Taman kota yang dirancang berperan sebagai penjaga kualitas lingkungan kota, penyeimbang ekosistem kota, sekaligus sebagai wadah bagi interaksi masyarakat Kota Yogyakarta. Taman kota yang diintegrasikan dengan pusat karya seni/Handicraft Center dapat menjadi solusi bagi masalah kekurangan RTH dan kekurangan lahan perdagangan di wilayah pusat Kota Yogyakarta. Taman kota agar dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat dari dalam dan luar kota Yogyakarta, dirancang dengan menerapkan nilai-nilai dan filosofi arsitektur jawa. Pendekatan yang digunakan yakni dengan pendekatan semiotika (ilmu yang mempelajari tentang tanda dan bagaimana tanda itu ditafsirkan). Melalui indeks, ikon, dan simbol yang menjadi bagian dari ilmu semiotika, nilainilai dan filosofi arsitektur jawa ditampilkan agar pengunjung taman kota dapat merasakan suasana jawa pada taman kota yang dirancang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: taman kota, arsitektur jawa, semiotika
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:46
Last Modified: 09 Feb 2018 08:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item