MASTER, TERRY KARUNIA (2017) ANALISIS MENGENAI TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP FASILITAS TERMINAL KEBERANGKATAN DI BANDAR UDARA BINAKA. S1 thesis, UAJY.
Text (TERRY KARUNIA MASTER)
TS13471.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Sampai saat ini bandar udara Binaka masih menjadi satu-satunya bandar udara yang ada di Pulau Nias yang terletak di Kabupaten Nias, sehingga masyarakat yang dari berbagai kabupaten lainnya akan menggunakan bandar udara ini apabila ingin menyeberang ke pulau-pulau lainnya di Indonesia. Pada penelitian ini dibutuhkan sebuah sarana untuk mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, yaitu kuesioner. Jawaban yang diberikan oleh responden dari pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner tersebut akan menjadi data yang kemudian diolah untuk mendapatkan hasil mengenai seberapa besar tingkat kepuasan mereka terhadap fasilitas yang terdapat pada gedung terminal keberangkatan bandar udara Binaka. Dari hasil analisis uji diagram kartesius diketahui bahwa pada kuadran A terdapat jumlah meja konter check-in. Pada kuadran B, terdapat kebersihan hall keberangkatan, keamanan saat berada di dalam gedung hall keberangkatan, pelayanan terhadap penumpang di hall keberangkatan, luas ruang check-in area, pelayanan petugas dalam melayani proses check-in, kebersihan check-in area, luas ruang tunggu keberangkatan, kebersihan ruang tunggu keberangkatan, jumlah tempat duduk, jumlah toilet, ketersediaan air dan kebersihan dan tingkat kekeringan lantai di dalam toilet. Pada kuadran C, terdapat kelengkapan fasilitas di dalam hall keberangkatan, model jalur antrian pada check-in area, kelengkapan fasilitas ruang tunggu keberangkatan dan kelengkapan fasilitas toilet. Pada kuadran D, terdapat luas ruang hall keberangkatan, penataan dan kualitas tempat duduk dan kualitas dan perawatan fasilitas yang terdapat di dalam toilet. Beberapa saran yang dapat diberikan antara lain sebagai berikut. Pada kuadran A, pihak pengelola bandar udara perlu mengalokasikan sumber daya yang memadai guna meningkatkan kinerja fasilitas yang berada di dalam kuadran ini. Pada kuadran B, pihak pengelola bandar udara berkewajiban memastikan bahwa kinerja dari fasilitas-fasilitas yang terletak pada kuadran ini dapat terus dipertahankan pencapaiannya. Pada kuadran C, pihak pengelola bandar udara tidak perlu memprioritaskan fasilitas-fasilitas yang terletak pada kuadran ini. Pada kuadran D, pihak pengelola bandar udara lebih baik mengalokasikan sumber daya yang terkait dengan fasilitas-fasilitas yang terletak pada kuadran ini kepada fasilitas-fasilitas lain yang mempunyai prioritas penanganan lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tingkat kepuasan, fasilitas, terminal keberangkatan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 09 Feb 2018 10:27 |
Last Modified: | 09 Feb 2018 10:27 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13773 |
Actions (login required)
View Item |