PENERAPAN "STRUT AND TIE MODEL" PADA PERANCANGAN PILE CAP FONDASI TIANG PANCANG

Fernadez, Hermina Gilda and Lisantono, Ade (2008) PENERAPAN "STRUT AND TIE MODEL" PADA PERANCANGAN PILE CAP FONDASI TIANG PANCANG. In: Prosiding KoNTekS 2 : Inovasi Dalam Rekayasa Sipil dan Lingkungan, 6-7 Juni 2008, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
18.Penerapan strut and Tie.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
peer_review penerapan_shut.pdf

Download (480kB)
[img] Text
turnitin penerapan_shut.pdf

Download (3MB)

Abstract

Distribusi regangan pada struktur betot pile cap fondasi tiang pancang merupakan distribusi yang tidak linier dan merupakan daerah teganggu ( daerah D). Dengan demikian perancangan dengan asumsi daerah Bernoulli (daerah B) sudah tidak rasional lagi. Dalam makalah ini akan dibahas perancangan pile cap fondasi tiang pancang dengan menerapkan "strut and tie model". Pemodelan didasarkan pada peryaratat ACI 318-02. Bentuk "strut and tie model" ditentukan berdasarkan pada trajektori tegangan yang dianalisis berdasarkan metoda elemen hingga dengan program bantu S,4P versi 9.0. Dipilih elemen solid untuk memodelkan pile cap fondasi tiang pancang. Tinjauan akan dilakukan padapile cap yatgmendukung 2 tiarg,3 tiang dan 4 tiang. Hasil perancangan berdasarkan "strut and tie model " akan dibandingkan dengan perancangan menurut SN1 03-2547-2002. Hasil studi menunjukkan bahwa perancangan dengan menerapkan "strul and tie model" diperoleh tulangan yang lebih banyak namun dengan distribusi tulangan yang lebih rasional dan diperkirakan mendekati perilaku struktu yang sebenamya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: strut and tie model, pile cap fondasi tiang pancang, daerah D, metoda elemen hingga, elemen solid, trajektori tegangan, perancangan penulangan
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2018 13:41
Last Modified: 02 Apr 2019 07:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item View Item