Mone, Nyongki (2017) DESKRIPSI BISNIS WARUNG BURJO DI DAERAH BABARSARI YOGYAKARTA TAHUN 2016. S1 thesis, UAJY.
Text (Nyongki Mone)
EM18249.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Bisnis yang efektif harus dapat melakukan efisiensi dalam segala macam bidang. Salah satunya adalah dengan membidik pasar sasaran dengan tepat. Banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk membidik segmen pasar produk atau jasa layanan perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan segmentasi pasar. Penelitian yang dilakukan pada konsumen Warung Burjo yang tinggal dan/atau berkuliah di wilayah Babarsari. Sampel penelitian ini sebanyak 150 orang konsumen Warung Burjo yang tinggal dan/atau berkuliah di wilayah Babarsari. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis persentase dan analisis cluster. Hasil penelitian ini diketahui bahwa segmentasi pasar dari konsumen Warung Burjo di wilayah Babarsari dikelompokkan kedalam empat cluster yaitu: 1) klaster/segmen fokus pada tempat, 2) klaster/segmen fokus pada promosi, 3) klaster/segmen fokus pada produk, dan 4) klaster/segmen fokus pada harga. Hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa sebagian besar (mayoritas) klaster yang terbentuk lebih berorientasi pada klaster/segmen fokus pada produk yaitu sebanyak 91 orang atau sebesar 60,7%. Hasil analisis cluster tersebut selanjutnya dapat digunakan manajemen Warung Burjo di wilayah Babarsari untuk merancang strategi segmentasi pasar perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | segmentasi pasar, analisis klaster. |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 09:17 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 09:17 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13833 |
Actions (login required)
View Item |