STUDI PENGARUH CURING TIME DAN CURING TEMPERATURE TERHADAP KUAT TEKAN DAN MODULUS ELASTISITAS BETON GEOPOLYMER BERBASIS ABU TERBANG

Lisantono, Ade and Panjaitan, Dolok H. STUDI PENGARUH CURING TIME DAN CURING TEMPERATURE TERHADAP KUAT TEKAN DAN MODULUS ELASTISITAS BETON GEOPOLYMER BERBASIS ABU TERBANG. In: SEMINAR NASIONAL TEKNIK SIPIL V-2009 TEMA: TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL, 11 Februari 2009, KAMPUS ITS SUKOLILO SURABAYA.

[img]
Preview
Text
19.Studi Pengaruh Curing Time.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
peer_review studi_pengaruh.pdf

Download (481kB)
[img] Text
turnitin studi_pengaruh.pdf

Download (3MB)

Abstract

Beton Geopolymer merupakan beton yang dibuat dengan sepenuhnya menggantikan semen portland dengan bahan geopolyrner.Bahan geopolyrner merupakan sebuah senyawa silikat alumina anorganik, yang disintesiskan dari bahan-bahan produk sampingan seperti abu terbang dan abu sekam padi. Dalam riset ini akan dipelajari pengaruh "curing time" dan "curing temperature" terhadap kuat tekan dan modul us elastisitas beton geopolymer. Bahan geopolymer yang digunakan dalam riset ini adalah abu terbang yang berasal dari sisa pembakaran batu bara di Cilacap. Perlakuan "curing time" yang dipelajari dalam riset ini adalah I : 2; dan 3 hari serta dengan '.curing temperature" 50°; 70°; dan 90° C. Hasil riset i ni menunjukkan bahwa semakin lama "curing time" serta semakin tinggi"curing temperature"nya, maka kuat tekan dan modulus elastisitas beton geopolymer juga semakin meningkat. Kuat tekan dan modulus elastisitas tertinggi dicapai dari hasil perlakuan "curing time" 3 hari dengan "curing temperature" 90°C dan hasilnya berturut-turut sebesar 6,012MPa untuk kuat tekan serta 9367,58 MPa untuk modulus elastisitas. Kuat tekan serta modulus elastisitas yang cukup rendah tersebut disebabkan karena abu terbang yang digunakan didalam penelitian ini tergolong dalam tipe C atau abu terbang yang memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Beton geopolymer, abu terbang, curing, kuat Beton geopolymer, abu terbang, curing, kuat tekan, dan modulus elastisitas.
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Feb 2018 14:04
Last Modified: 02 Apr 2019 07:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13846

Actions (login required)

View Item View Item