LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KONSEP HEALING ENVIRONMENT

CHANDRA, SETIAWAN (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KONSEP HEALING ENVIRONMENT. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SETIAWAN CHANDRA)
TA14569.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan Wanita di Dareah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah tipologi bangunan pemerintah yang bertujuan untuk membina para pelaku tindak kriminal wanita agar mereka menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan jumlah penduduk 3.666.533 jiwa dan belum mempunyai lembaga pemasyarakatan khusus wanita. Hal ini cukup memprihatikan karena jumlah narapidana wanita di DIY cukup banyak. Selama ini narapidana tersebut ditahan dan dibina di lapas Wirogunan Yogyakarta. Kondisi Lapas Wiroguanan tersebut sudah melebihi daya tampung dan tidak menerapkan pemisahan kategori jenis kelamin sehingga narapidana wanita dan narapidana laki-laki ditempatkan dalam satu lembaga pemasyarakatan. Hal ini mengakibatkan pembinaan terhadap narapidana wanita menjadi tidak maksimal dan rentan terjadi kasus pelanggaran HAM di dalam lapas. Berdasarkan pemaparan di atas maka diperlukan suatu lembaga pemasyarakatan khusus wanita yang mampu mendidik, membimbing, dan membina para narapidana wanita baik dari segi fisik dan psikis sehingga mereka dapat menyadari semua kesalahan dan berusaha tidak mengulanginya kembali serta dapat diterima kembali dikalangan masyarakat. Rancangan lembaga pemasyarakatan wanita ini memiliki skala pelayanan diwilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Rancangan Lembaga Pemasyarakatan Wanita ini mengangkat permasalahan narapidana wanita yang sering mengalami depresi atau tekanan selama mereka menjalani masa hukuman dididalam lapas. Oleh karena itu, pendekatan konsep Healing Environment dipilih untuk menyelesaikan masalah tersebut. Melalui pendekatan konsep tersebut kita apa merancang linkungan-lingkungan buatan yang berguna untuk mengurangi tingkat depresi narapidana wanita.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:11
Last Modified: 15 Feb 2018 08:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

View Item View Item