LANDASAN KONSEPSUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN TAMAN BELAJAR UNTUK ANAK DAN REMAJA DI SURAKARTA

SAWITRI, ANASTASIA (2017) LANDASAN KONSEPSUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN TAMAN BELAJAR UNTUK ANAK DAN REMAJA DI SURAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ANASTASIA SAWITRI)
TA13799.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Sejak usia dini anak dan remaja harus diarahkan untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan sesuai kebutuhan, agar potensi dan kemampuan yang ada di dalam dirinya tereksplorasi dengan baik. Dalam buku Pendidikan Strategik, H. Djohar menyatakan bahwa pendidikan yang ada di Indonesia sekarang ini tidak efektif dan belum mendidik anak dengan baik. Surakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang sedang mengalami kemajuan pesat semenjak Bapak Joko Widodo menjabat sebagai Walikota. Perencanaan Taman Belajar untuk Anak dan Remaja di Surakarta ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menggali serta mengembangkan potensi anak dan remaja, melalui cara pembelajaran yang menyenangkan (lewat permainan) dan berbeda dari pendidikan formal di sekolah. Ruang-ruang pembelajaran nantinya akan berisi permainan-permainan dan alat-alat belajar yang disukai anak. Ruang-ruang ini terbentuk berdasarkan hasil analisis terhadap pola pertumbuhan dan perkembangan anak hingga remaja, yang dikaji dengan teori tata ruang dan dapat mewujudkan susasana menyenangkan. Kajian terhadap pola pertumbuhan dan perkembangan anak hingga remaja menghasilkan pembagian ruang belajar berdasarkan tingkatan usia. Yaitu ruang-ruang pembelajaran: Pada Masa Bayi (1-2 tahun), Pada Masa Kanak-kanak (3-5 tahun), Pada Masa Sekolah (6-12tahun), dan Pada Masa Remaja (13-15 tahun). Perancangan Taman Belajar untuk Anak dan Remaja di Surakarta supaya dapat mewujudkan suasana menyenangkan dicapai melalui pengolahan tata ruang, penyelesaian fasade bangunan dengan material dan penggunaan warna tertentu, serta desain interior ruang yang menggunakan kombinasi material dan warna tertentu juga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Anak, Remaja, Pembelajaran, Permainan, Pola Pertumbuhan dan Perkembangan, Menyenangkan, Tata Ruang.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Feb 2018 10:11
Last Modified: 15 Feb 2018 10:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item View Item