ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN HOTEL CANTYA YOGYAKARTA

Tjusanto, Handrianus David (2016) ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN HOTEL CANTYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Handrianus David Tjusanto)
EA19899.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tipe pelanggan mana pada jenis pelanggan domestik yang memberikan kontribusi tertinggi bagi hotel Cantya Yogyakarta. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan dalam adalah menggunakan konsep variabel costing dimana langkah-langkahnya sebagai berikut : (1) menghitung pendapatan setiap tipe pelanggan pada jenis pelanggan domestik,(2) mengidentifikasi dan mengklasifikasi biaya berdasarkan perilaku biaya, (3) menghitung margin kontribusi setiap kelompok pelanggan, (4) mengklasifikasikan biaya tetap langsung dan biaya tetap umum setiap kelompok pelanggan, (5) menyusun laporan segmen kelompok pelanggan, (6) menghitung rasio margin segmen setiap kelompok pelanggan. . Berdasarkan analisis profitabilitas yang telah dilakukan pada kelompok pelanggan jenis domestik, diketahui bahwa tipe pelanggan family merupakan pelanggan yang memiliki rasio margin segmen tertinggi yaitu sebesar 30% sedangkan pelanggan yang memiliki rasio margin segmen terendah yaitu pelanggan group sebesar 4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Customer Profitability Analysis, Laporan Segmen Variabel Costing
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Feb 2018 09:03
Last Modified: 19 Feb 2018 09:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item