ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI ATAU MEMBUAT SENDIRI BAHAN BAKU (STUDI KASUS PADA CV. MKB)

Hayati, Aini (2016) ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI ATAU MEMBUAT SENDIRI BAHAN BAKU (STUDI KASUS PADA CV. MKB). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Aini Hayati)
EA19639.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan manufaktur kerap kali dihadapkan pada berbagai alternatif dalam pengambilan keputusan. Pihak manajemen perusahaan harus memperhatikan semua faktor yang akan mempengaruhi pengambilan keputusan. Salah satu faktor yang dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan adalah biaya relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rencana pengambilan keputusan yang dilakukan oleh CV. MKB untuk membuat sendiri kursi tamu sudah tepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer berupa gambaran umum perusahaan, dan data sekunder berupa arsip data penjualan dan biaya produksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) wawancara langsung dengan pimpinan CV. MKB, (2) dokumentasi. Tahapan analisis yang dilakukan sebagai berikut: (1) Menghitung kapasitas menganggur pada CV. MKB dan jumlah kursi tamu yang dapat diproduksi pada kapasitas menganggur tersebut, (2) mengumpulkan informasi biaya yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, (3) Mengidentifikasi biaya-biaya yang termasuk biaya relevan dan biaya tidak relevan, (4) Menghitung dan membandingkan total biaya relevan antara membuat sendiri dengan membeli dari luar, dan (5) Mengambil keputusan. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis biaya relevan menunjukan bahwa alternatif membuat sendiri kursi tamu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam memanfaatkan kapasitas menganggur dibandingkan alternatif membeli dari pihak luar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan, Membeli atau Membuat Sendiri, Biaya Relevan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Feb 2018 12:24
Last Modified: 19 Feb 2018 12:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13914

Actions (login required)

View Item View Item