LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ASRAMA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HIJAU

MULIA, ANATASIA KURNIAWATI SETIA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ASRAMA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HIJAU. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ANATASIA KURNIAWATI SETIA MULIA)
TA14235.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

pelajar. Kota Yogyakarta memiliki daya tarik yang kuat pada bidang pendidikan tinggi karena banyaknya jumlah perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta. Salah satu universitas swasta terbesar di Yogyakarta adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Calon mahasiswa yang mendaftar di Universitas Atma Jaya Yogyakarta berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar mahasiswa yang datang untuk menuntut ilmu di Universitas Atma Jaya Yogyakarta 13% berasal dari DIY dan 87% berasal dari luar DIY. Terbatasnya hunian yang dapat disewa atau dikontrak dengan fasilitas yang memadai sangat terbatas. Sebagian besar hunian tersebut relatif jauh dari kampus sehingga mahasiswa baru yang tidak memiliki kendaraan pribadi akan mengalami kesulitan untuk mencapai kampus. Asrama Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan sebuah hunian yang menawarkan berbagai macam fasilitas seperti kantin, student lounge, ruang fitness, ruang yoga, ruang cuci, ruang jemur, dapur, lobby dan ruang pengelola. Lokasi terpilih untuk pendirian Asrama Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta berada dibelakang Kampus II Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Asrama Mahasiswa Mahasiswa diperuntukan bagi mahasiswa baru yang berasal dari luar Pulau Jawa. Mahasiswa baru dapat tinggal dalam Asrama Mahasiswa dalam kurun waktu 1 tahun (2 semester). Pendekatan yang digunakan dalam desain Asrama Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah Arsitektur Hijau yang dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas mahasiswa. Selain menerapkan prinsip-prinsip Arsitektur Hijau dalam desain bangunan, Asrama Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga menerapkan nilai-nilai Unggul, Inklusif dan Humanis yang merupakan visi dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Nilai Unggul, Inklusif dan Humanis akan dianalisis berdasarkan suprasegmen arsitektural yang nantinya akan ditemukan transformasi desain berupa bentuk, tekstur, material, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Asrama Mahasiswa, Arsitektur Hijau, Unggul, Inklusif, Humanis
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 08:10
Last Modified: 21 Feb 2018 08:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13943

Actions (login required)

View Item View Item