STUDI MENGENAI PENYEBAB DAN PENGARUH PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PROYEK JALAN DAN PROYEK GEDUNG DI DILI TIMOR LESTE

BENTO, SANDRA TILMAN (2017) STUDI MENGENAI PENYEBAB DAN PENGARUH PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PROYEK JALAN DAN PROYEK GEDUNG DI DILI TIMOR LESTE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SANDRA TILMAN BENTO)
TS14146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Rework atau Pekerjaan Ulang sering ditemui pada dunia konstruksi, namun pada skala yang kecil. Meskipun dalam skala yang kecil, rework mengakibatkan dampak berupa pembengkakan biaya, terjadinya keterlambatan kerja, penurunan produktifitas. Untuk mengetahui penyebab dan cara menyikapinya maka perlu dipelajari hal-hal apa saja yang menjadi penyebab terjadinya rework, dan untuk mengetahui perbedaan rework yang terjadi di proyek Jalan dan proyek gedung. Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden, yang dalam penelitian ini ialah kontraktor dan konsultan pada beberapa proyek yang dibagi dalam dua kategori, proyek jalan dan proyek gedung yang sedang dilaksanakan di Dili Timor Leste. Data yang diperoleh ialah tentang jenis proyek, data responden, data proyek, intensitas rework pada jenis pekerjaan proyek, fase munculnya rework, faktor-faktor penyebab rework yang terdiri dari 3 faktor yaitu faktor desain dan dokumentasi, faktor manajerial dan faktor sumber daya. Setelah mendapatkan seluruh data dan informasi yang dibutuhkan maka dianalisis dengan menggunakan SPSS 16, yang terdiri dari analisa mean, analisa frekuensi, standar deviasi, dan t-test. Dari hasil analisa diketahui bahwa responden pada proyek jalan dan proyek gedung memiliki persepsi yang sama bahwa semua penyebab dan pengaruh rework berpengaruh terhadap terjadinya rework. Dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kontraktor dan konsultan pada proyek jalan dan proyek gedung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: rework, desain dan dokumentasi, pengawasan dan manajerial, sumber daya alam, Proyek Jalan, Proyek Gedung
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:22
Last Modified: 21 Feb 2018 09:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item