STRATEGI KOMUNIKASI PERUM JASA TIRTA II PURWAKARTA JAWA BARAT DALAM PENYAMPAIAN PROGRAM “KONSERVASI BERBASIS EKOWISATA DENGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT” (Studi Kasus Proses Pengembangan dan Memperkuat Kemampuan Masyarakat dalam Pemanfaatan Daerah Sabuk Hijau sebagai Konservasi Waduk IR. H. Djuanda Berdasarkan Teori Difusi Inovasi)

Willi, . (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PERUM JASA TIRTA II PURWAKARTA JAWA BARAT DALAM PENYAMPAIAN PROGRAM “KONSERVASI BERBASIS EKOWISATA DENGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT” (Studi Kasus Proses Pengembangan dan Memperkuat Kemampuan Masyarakat dalam Pemanfaatan Daerah Sabuk Hijau sebagai Konservasi Waduk IR. H. Djuanda Berdasarkan Teori Difusi Inovasi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Willi)
KOM04049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Bagaimana strategi komunikasi Perum Jasa Tirta II Purwakarta Jawa Barat dalam penyampaian program konservasi berbasis ekowisata dengan pemberdayaan masyarakat berdasarkan teori difusi inovasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori difusi inovasi. Penelitian dilatarbelakangi atas ketertarikan peneliti tentang program perusahaan yang bisa dibilang baru dilaksanakan oleh perusahaan tentang program konservasi berbasis ekowisata dengan pemberdayaan masyarakat, dan awal rencana yang ingin dilakukan oleh perusahaan adalah untuk membangun sebuah kawasan pariwisata tetapi kawasan tersebut sudah dihuni oleh masyarakat yang lumayan banyak, pada akhirnya perusahaan mengambil keputusan untuk tetap menjadikan kawasan pariwisata dan perusahaan memberikan kewenangan kepada masyarakat tersebut untuk mengelola seluruh kegiataan kepariwisataan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang fokus kajian terutama mengenai strategi komunikasi yang dilakukan. Teknik pengambilan data berupa wawancara dengan ketua pelaksana program dan perancang konsepsi program. Selain wawancara peneliti juga mengumpulkan dokumentasi berupa blue print konsepsi dari program pemberdayaan. Peneliti menganalisis berdasarkan 3 komponen analisis kualitatif seperti reduksi data, sajian data, serta penarikan dan simpulan dan verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukan Perum Jasa Tirta II membuat strategi komunikasi berupa konsepsi yang sudah dirancang untuk melakukan program konservasi berbasis ekowisata dengan pemberdayaan. PJTII dalam melakukan programnya dibantu oleh PT.BUMN HL sebagai komunikator. PJTII juga menetapkan target sasaran, perusahaan juga menetapkan strategi pesan secara spesifik yakni menyampaikan materi secara perlahan. Adanya pemilihan media dalam berkomunikasi seperti telepon dan surat serta peta lokasi agar masyarakat dapat lebih paham tentang program yang diberikan oleh perusahaan. Selain itu dalam melakukan program konservasi berbasis ekowisata dengan pemberdayaan masyarakat, di sini komunitas mendapatkan sebuah pengalaman baru dan adanya perubahan sosial dari adanya sebuah inovasi yang telah didapatkan. Empat emelen pokok difusi inovasi berupa inovasi di sini adanya pelatihan dan praktek, saluran komunikasi seperti peta lokasi yang digunakan, jangka waktu saat masyarakat dapat memutuskan untuk menerima sebuah inovasi dan adanya system social seperti komunitas yang dituju, stakeholder dan Perum Jasa Tirta II selaku pembuat program.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, difusi inovasi, Perum Jasa Tirta II
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 10:15
Last Modified: 21 Feb 2018 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item