PENGARUH TINGKAT BRAND AWARENESS MELALUI POINT OF PURCHASE PRODUK SUSU ANAK BALITA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Tingkat Brand Awareness melalui Point of Purchase terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Susu Anak Balita di “Gardena Department Store & Supermarket”, Yogyakarta)

HERSILA, LUDOVICUS DIAS PUTRA (2017) PENGARUH TINGKAT BRAND AWARENESS MELALUI POINT OF PURCHASE PRODUK SUSU ANAK BALITA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Eksplanatif Kuantitatif Tingkat Brand Awareness melalui Point of Purchase terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Susu Anak Balita di “Gardena Department Store & Supermarket”, Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LUDOVICUS DIAS PUTRA HERSILA)
KOM04247.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran ialah dengan menempatkan iklan di tempat pembelian (point of purchase) dengan tujuan menarik minat konsumen yang secara langsung berada di lapangan untuk melakukan pembelian. Hal ini turut membuka peluang para produsen susu anak balita untuk menempatkan iklan di tempat pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan oleh point of purchase tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen produk susu anak balita, karena yang kita tahu bahwa untuk melakukan proses pembelian produk susu tersebut (decision buying control) berada di tangan konsumen itu sendiri. Penelitian ini menggunakan teori yang berkaitan dengan komunikasi pemasaran, point of purchase, teori elaboration likelihood models dan keputusan pembelian. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksplanatif. Subyek penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk susu anak balita di Supermarket Gardena, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik sampling accidental yang mencakup konsumen yang secara nyata membeli produk susu anak balita di sana. Setelah melakukan analisis terhadap data primer tersebut, diperoleh hasil bahwa tingkat brand awareness melalui point of purchase terhadap keputusan pembelian tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa nilai hitung signifikansi yang didapat sebesar 0,422 (lebih besar dari 0,05). Konsumen telah mempunyai pilihan produk susu anak balita ketika akan membeli di tempat pembelian karena menurut hasil distribusi frekuensi mengenai variabel keputusan pembelian yaitu terpaan iklan televisi lebih besar daripada aspek point of purchase yang ada di lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Brand Awareness, Point of Purchase, Teori Elaboration Likelihood Models, Keputusan Pembelian
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2018 11:20
Last Modified: 21 Feb 2018 11:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13961

Actions (login required)

View Item View Item