“Analisis Pengaruh Gender Dalam Penerimaan Teknologi “Smart City” Dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)”

Gunawan, Hendro and Sinaga, Benyamin Langgu (2018) “Analisis Pengaruh Gender Dalam Penerimaan Teknologi “Smart City” Dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)”. In: SEMNASRISTEK 2018 .

[img] Text
Analisis Pengaruh Gender Dalam Penerimaan Teknologi “Smart City” Dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT).pdf

Download (669kB)

Abstract

Konsep kota cerdas (smart city) saat ini sudah menjadi trend di kota-kota besar di seluruh dunia, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini. Dalam rangka mewujudkan Yogyakarta Smart City, implementasi e-government di Pemerintah Kota Yogyakarta sudah menjadi suatu keharusan. Berdasarkan laporan penelitian Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional (PSPPR) UGM telah dihasilkan model Smart City yang akan dibangun berdasarkan kebijakan dari Pemerintah Daerah dan teknologi pendukung yang akan digunakan. Akan tetapi dalam penelitian ini belum membahas bagaimana tingkat kesiapan (E-Readiness) masyarakat Yogyakarta dalam menggunakan Teknologi Informasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kesiapan masyarakat berdasarkan gender antara pria dan wanita dalam menerima dan menggunakan sebuah teknologi smart city. Model yang digunakan untuk menganalisis kesiapan penerimaan dan penggunaan aplikasi smart city di Yogyakarta menggunakan model UTAUT dengan menambah 2 variabel dan dimoderatori oleh gender. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 424 orang. Pengolahan data penelitian ini menggunakan pendekatan partial least square (PLS) sebagai metode untuk pembangunan model dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan dari 6 hipotesis yang ditawarkan 2 hipotesis ditolak. Hasil ini berlaku untuk jenis kelamin pria dan wanita, sehingga dapat disimpulkan bahwa gender tidak berpengaruh terhadap keinginan untuk menggunakan teknologi “Smart City” di Yogyakarta.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: smart city, UTAUT, e-readiness, PLS.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2018 06:48
Last Modified: 16 Jul 2018 13:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item