IMPLEMENTASI 6S DI BAGIAN WORKSHOP PT. MEGA ANDALAN PLASTIK INDUSTRI

CAHYATAMA, FEBRIAN VALENTINO (2017) IMPLEMENTASI 6S DI BAGIAN WORKSHOP PT. MEGA ANDALAN PLASTIK INDUSTRI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
BAB 0.pdf

Download (872kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (747kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB VI)
BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. Mega Andalan Plastik Industri adalah perusahaan bergerak pada bidang manufaktur, yang mengolah material biji plastik menjadi produk plastik.Pengamatan langsung menunjukan bahwa kondisi ditempat kerja bagian workshop tidak tertata dengan baik, karyawan meletakkan alat di sembarang tempat, peralatan tidak memiliki tempat penyimpanan yang pasti. Rendahnya kesadaran dari karyawan dalam menjaga kebersihan, kerapian, keselamatan dan kesehatan dirinya di tempat kerja. Penelitian ini dilakukan untuk melaksanakan audit sebelum dan setelah implementasi menggunakan instrument audit yang dikembangkan oleh Todd MacAdam, serta melakukan perbaikan pada aktivitas yang dibawah batas nilai diterima (minimum acceptable level) di bagian workshop PT. Mega Andalan Plastik Industri untuk mempercepat waktu proses pembuatan molding setelah dilakukan implementasi. Audit checklist 6S sebelum implementasi yang dilakukan di workshop PT. Mega Andalan Plastik Industri menunjukan bahwa setiap pilar aktivitas 6S mulai dari pilar sort, pilar set in order, pilar shine, pilar standardize, pilar sustain, dan pilar safety masih terdapat 22 aktivitas yang perlu untuk dilakukan implementasi perbaikan. Nilai rata-rata dari penilaian audit checklist 6S pada kondisi awal sebesar 1.58 dengan rincian untuk aktivitas sort 1.4, set in order dengan nilai 1, shine dengan nilai 1.57, standardize dengan nilai 1.5, sustain dengan nilai 1, dan safety dengan nilai 2.25. Nilai rata-rata dari penilaian audit checklist 6S setelah implementasi 6S mengalami kenaikan sebesar 1.58 dari 1.58 menjadi 3.16 dengan rincian aktivitas sort sebesar 3.1, set in order sebesar 3.2, shine sebesar 3.25, standardize 3.07, sustain sebesar 3.1, dan safety sebesar 3.19. Penurunan waktu proses pembuatan molding tipe blow 1 liter 1 cavity sebelum dan setelah implementasi 6S sebesar 5.4%. %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sort, set in order, shine, standardize, sustain, safety, audit checklist 6S, Todd MacAdam, waktu proses,
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Feb 2018 09:53
Last Modified: 23 Feb 2018 09:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13997

Actions (login required)

View Item View Item