STRATEGI PENYIARAN RADIO KOMUNITAS DI ERA KONVERGENSI (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Penyiaran Radio Komunitas Love Jogja 107.7 FM dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Konvergensi)

YANTI, RIESLY DWI (2016) STRATEGI PENYIARAN RADIO KOMUNITAS DI ERA KONVERGENSI (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Penyiaran Radio Komunitas Love Jogja 107.7 FM dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Konvergensi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RIESLY DWI YANTI)
KOM03429.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi dewasa ini, telah mempengaruhi dunia penyiaran di Indonesia dan memunculkan fenomena baru yakni konvergensi. Konvergensi sendiri bisa dikatakan bergabungnya media telekomunikasi tradisional dengan internet sekaligus. Hal ini menjadi sebuah fenomena, dimana teknologi komputer dan internet yang bersifat interaktif membaur dengan sistem teknologi media konvensional yang bersifat masif. Fenomena ini cenderung sering disebut sebagai sebuah proses konvergensi, dalam konteks ini adalah konvergensi media. Digitalisasi merupakan kunci utama dari adanya konvergensi media, dengan adanya media-media digital memungkinkan media-media konvensional juga ikut berubah. Radio saat ini berkembang pesat sejalan dengan digulirkannya UU No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Bermacam-macam radio komunitas telah bermunculan. Beragam tipe radio komunitas yang berkembang di Indonesia mencerminkan heterogenitas masyarakat di Indonesia dan kebutuhan komunitas-komunitas akan media yang dapat memenuhi kebutuhan mereka terhadap pengetahuan, informasi dan sekaligus hiburan, salah satu radio komunitas yang masih bisa mempertahankan eksistensinya adalah Radio Komunitas Love Jogja FM. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh manajemen radio komunitas Love Jogja FM dalam mempertahankan eksistensinya. Dalam skripsi ini teori strategi penyiaran yang digunakan adalah teori Susan Tyler Eastman yaitu Strategi Kesesuaian, Strategi Pembentukan Kebiasaan, Strategi Pengontolan Arus Pendengar, Strategi Penyimpanan Sumber-Sumber Program dan Strategi Daya Penarik Massa. Pada akhirnya dapat disimpulkan berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, bahwa selain strategi diatas ada beberapa hal yang dilakukan oleh radio komunitas Love Jogja dalam mempertahankan eksistensinya, yaitu dalam bentuk seperti menempatkan program-program acaranya, sesuai dengan kebiasaan pendengar. Selain itu bekerjasama dengan instansi pemerintah dan mengadakan kuis berhadiah agar menarik perhatian pendengar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyiaran, Radio Komunitas, Eksistensi, Era Konvergensi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Feb 2018 10:47
Last Modified: 23 Feb 2018 10:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14005

Actions (login required)

View Item View Item