LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN KOMPLEKS MUSEUM BUDAYA DAYAK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ENIK – MODERN DI PALANGKARAYA

WIJAYA, HENDRA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN KOMPLEKS MUSEUM BUDAYA DAYAK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ENIK – MODERN DI PALANGKARAYA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HENDRA WIJAYA)
TA13378.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kompleks museum budaya dayak di Palangkaraya adalah sebuah tempat yang dibangun guna melestarikan dan memelihara sebagian dari kekayaan seni dan budaya suku adat dayak khususnya suku adat dayak yang ada diprovinsi Kalimantan tengah. Banyaknya barang budaya serta kurangnya minat dari warga masyarakat sendiri akan seni dan budaya dayak kalimantan inilah yang mendasari dibangunnya kompleks museum budaya dayak dikota palangkaraya dengan pendekatan arsitektur etnik – modern. Kompleks museum budaya dayak di palangkaraya ini diharapkan mampu melestarikan budaya dayak Kalimantan tengah baik seni ataupun barang-barang kebudayaan suku dayak Kalimantan tengah pada zaman dahulu, terlebih lagi menyadarkan kembali warga masyarakat dan generasi muda akan kedasaran terhadap kesenian serta kebudayaan suku dayak kalimatan tengah. Desain bangunan museum mengangkat budaya dayak itu sendiri yaitu rumah panggung namun di tambah sarana penunjang lainnya sehingga dapat menarik pengunjung selain dari isi dan benda yang dipamerkan, tetapi juga di tambah fasilitas pendukung lainnya sehingga terbentuklah kompleks museum budaya dayak dengan pendekatan arsitektur etnik – modern di palangkaraya. Dikota Palangkaraya sendiri sudah ada bangunan museum satu-satunya yaitu museum balanga yang merupakan museum budaya namun sepi akan peminat serta animo masyarakat sangat minim. Dengan adanya kompleks museum budaya ini diharapkan mampu menarik antusias warga masyarakat Kalimantan tengah dengan fasilitas pendukung lainnya. konsep yang akan dipakai dalam musueum ialah “Kebudayaan Dayak-Rumah Betang” konsep ini akan menciptakan kesan akan kedaerahan. Dan penerapan kebudayaan Dayak-Rumah Betang ini akan berada dalam ruang luar atau penataan setiap bangunan dan bentuk tampilan bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompleks, Museum, Kalimatan Tengah, Kebudayaan Dayak, Rumah Betang, Palangkaraya
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Feb 2018 10:08
Last Modified: 27 Feb 2018 10:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item View Item