LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN KANTOR SEKTOR PEMADAM KEBAKARAN DI KECAMATAN KALASAN DENGAN PENDEKATAN GREEN ARCHITECTURE

CLAIDID, BLAIMANUS (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN KANTOR SEKTOR PEMADAM KEBAKARAN DI KECAMATAN KALASAN DENGAN PENDEKATAN GREEN ARCHITECTURE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BLAIMANUS CLAIDID)
TA12855.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Kantor Sektor Pemadam Kebakaran di Kecamatan Kalasan ini merupakan bangunan instansi pemerintah yang disediakan untuk mampu mewadahi berbagai macam aktivitas petugas pemadam kebakaran dan sekaligus sebagai lokasi garasi untuk kendaraan pemadam kebakaran, tempat penyimpanan alat-alat pemadaman dan perlengkapan pasukan pemadam kebakaran, pusat informasi dan pengaduan, pusat penyuluhan dan pembinaan masyarakat, serta sebagai lokasi operasi komando pemadam kebakaran yang melayani dalam cakupan WMK (wilayah manajemen kebakaran) wilayah Timur kabupaten Sleman. Sebagai fasilitas public service yang dipersiapkan untuk merespon keadaan darurat, Kantor Sektor Pemadam Kebakaran dituntut untuk beroperasi penuh selama 24 jam setiap hari, yang tentunya berkaitan terhadap penggunaan energi listrik dan air yang besar, yang dalam operasionalnya harus selalu tersedia untuk kepentingan darurat. Di sisi lain, wilayah Timur kabupaten Sleman―yang mencakup wilayah administratif kecamatan Kalasan, kecamatan Prambanan dan kecamatan Berbah―merupakan kawasan lindung cagar budaya. Hal ini diharapkan oleh pemerintah daerah untuk terus dipertahankan dan dijadikan sebagai langkah konservasi terhadap situs-situs candi. Sehingga dalam rencana pengembangan wilayahnya, segala bentuk pembangunan dan pemanfaatan ruang di wilayah ini harus bewawasan lingkungan, bersinergi dan efisien dalam alokasi investasi. Hal tersebut perlu diberi perhatian khusus dalam perencanaan bangunan kantor sektor pemadam kebakaran yang berlokasi di dekat kawasan cagar budaya candi Kalasan ini, agar dapat sesuai dan selaras terhadap konteks lingkungannya. Untuk itu, perlu adanya suatu building system dalam perencanaan kantor pemadam kebakaran yang dapat menciptakan lingkungan berkelanjutan (sustainable), baik terhadap lingkungan mikro maupun lingkungan makronya. Untuk mewujudkan bangunan yang sustainable, perancangan Kantor Sektor Pemadam Kebakaran di kecamatan Kalasan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Arsitektur Hijau (Green Architecture).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kantor Sektor Pemadam Kebakaran, sustainable, Arsitektur Hijau, Green Architecture
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Feb 2018 12:23
Last Modified: 27 Feb 2018 12:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14045

Actions (login required)

View Item View Item