LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG GEREJA GPIB DI SLEMAN DENGAN PENDEKATAN TRANSFORMASI DALAM ARSITEKTUR

DELOFIS, WILFRAN (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG GEREJA GPIB DI SLEMAN DENGAN PENDEKATAN TRANSFORMASI DALAM ARSITEKTUR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (WILFRAN DELOFIS)
TA13095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) merupakan salah satu sinode gereja Protestan tertua yang ada di Indonesia. GPIB memiliki sejarah panjang yang cikal bakalnya bahkan telah dimulai jauh sebelum Indonesia merdeka. Sampai era modern ini GPIB masih terus berkembang dengan 318 jemaat (gereja) mandiri yang tersebar di 26 provinsi di Indonesia. Dengan sejarah yang begitu panjang, serta jumlah gereja yang begitu banyak, GPIB merupakan salah satu sinode gereja Protestan terbesar yang ada di Indonesia. Meski memiliki begitu banyak jemaat (gereja) mandiri di seluruh pelosok Indonesia, hanya terdapat satu jemaat GPIB yang telah mandiri di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu GPIB Marga Mulya. Sebagai sebuah jemaat mandiri, GPIB Marga Mulya melayani seluruh anggota jemaat yang ada di DIY. Hal ini terlalu berat bagi gereja dan jemaatnya karena jarak yang terlalu jauh antara gereja dengan sebagian besar jemaatnya. Atas dasar itulah GPIB Marga Mulya melakukan pemekaran jemaat ke berbagai daerah. Sebagai langkah awal, GPIB Marga Mulya telah membuat pos ibadah di wilayah Yogyakarta Barat dan Yogyakarta Timur. Dan untuk wilayah Yogyakarta Timur, sebuah gereja mandiri sebagai hasil dari pemekaran telah siap untuk diwujudnyatakan. Gereja mandiri di wilayah Yogyakarta Timur akan bertempat di Sleman. Gedung Gereja GPIB di Sleman akan melayani jemaat GPIB maupun jemaat tamu yang berdomisili di Sleman dan sekitarnya. Gedung gereja ini akan menampilkan unsur-unsur yang menjadi ciri khas GPIB yang tidak ada dalam sinode gereja lain. Hal ini diwujudkan melalui pendekatan transformasi berdasarkan moto GPIB, konsep Trinitas, dan perayaan Paskah sebagai konsep perancangannya. Dengan menampilkan ciri khas dari GPIB dalam wujud bangunannya, jemaat mandiri yang baru diharapkan dapat mengenal, memaknai, dan memberlakukan misi pelayanan dan kesaksian GPIB dalam jemaat dan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gereja, Transformasi Arsitektur, ciri khas GPIB, Sleman, DIY
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Feb 2018 07:59
Last Modified: 28 Feb 2018 07:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item