LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN HOTEL RESOR DI MAKASSAR

ALLO, AGETHA NEYSA RANTE (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN HOTEL RESOR DI MAKASSAR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AGETHA NEYSA RANTE ALLO)
TA12312.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Perkembangan pariwisata setiap daerah di Indonesia saat ini mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena, pariwisata merupakan salah satu kegiatan usaha yang bergerak di sektor industri dan digunakan oleh setiap daerah di Indonesia untuk mendapatkan pemasukan pendapatan daerah. Setiap daerah memperkenalkan kreasi budaya (culture), peninggalan sejarah (heritage), dan keunikan alam/eko-wisata yang dapat dipromosikan, sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Kota Makassar sebagai kota metropolitan juga dikenal sebagai kota wisata karena memiliki berbagai macam budaya, adat-istiadat, kesenian dan bahasa. Oleh karena itu, kota Makassar merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Menjamurnya penginapan baik berbintang dan non-bintang yang berada di daratan kota Makassar, membuat fasilitas akomodasi yang berkembang adalah jenis city hotel. Padahal Kota Makassar terbagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah daratan dan wilayah perairan. Wilayah perairan terdiri dari beberapa gugusan pulau-pulau yang dapat dijadikan sebagai area pendirian hotel dengan jenis hotel resor. Seperti definisi resor, yang menyatu dengan kondisi alam maka, kondisi di sekitar perairain kota Makassar dapat dijadikan lokasi hotel resor dengan mempertimbangkan kondisi iklim di wilayah kota Makassar, yaitu iklim tropis. Pulau yang dapat menjadi lokasi hotel resor adalah pulau Kodingareng Keke yang merupakan pulau kosong. Perencanaan dan perancangan hotel resor di Makassar menggunakan pendekatan Arsitektur Kontemporer akan digunakan dan tidak digunakan hanya untuk mengeksplor bangunan dari segi tampilan bentuk, perencanaan dan perancangan resort hotel di Makassar akan mengarah pada pengolahan tata ruang luar dan tata ruang dalam bangunan yang akan berbeda dari bangunan penginapan yang telah ada sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hotel Resor/ Resort Hotel, Kota Makassar, Pulau Kodingareng Keke, Karakter Bangunan Tropis, Arsitektur Kontemporer
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Feb 2018 10:30
Last Modified: 28 Feb 2018 10:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item