LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN WAHANA AIR DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS

PRATIWI, IRA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN WAHANA AIR DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (IRA PRATIWI)
TA12241.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Aktivitas sehari-hari warga kota yang semakin bertambah dapat mengakibatkan kejenuhan. Salah satu alternatif untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas seharihari adalah dengan memilih aktivitas rekreasi atau relaksasi. Rekreasi dapat dilakukan melalui berbagai media, salah satunya dengan media air. Salah satu fasilitas rekreasi yang dapat dikembangkan adalah berupa wahana air. Minimnya kawasan pariwisata di Yogjakarta khususnya wisata air memberikan gagasan untuk pengembangan sebuah bangunan pariwisata Wahana Air dengan rancangan proyek bangunan berarsitektur modern, yang unik dan funtastik, yang dapat memberikan kesenangan, pikiran dan jiwa masyarakat di Yogyakarta agar dapat seimbang. Kebun Binatang dan Kebun Raya (KRKB) Gembira Loka (Gembira Loka Zoo) merupakan tempat wisata kebun binatang yang hanya satu-satunya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan ketersediaan ruang serta tuntutan untuk meningkatkan kembali jumlah kunjungan wisatawan di KRKB Gembira Loka maka Wahana Air dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menarik minat masyarakat kota Yogyakarta dalam berekreasi namun tetap mempertahankan sense of place dan spirit of place. Pembangunan Wahana Air di KRKB Gembira Loka Zoo dilakukan dengan pendekatan tropis. Pemanfaatan areal lahan digunakan sebagai lokasi rekreasi wahana air yang terintegrasi dengan kebun binatang. Wahana air di Gembira Loka Zoo menyediakan fasilitas Waterslide serta kebutuhan lain yang mendukung sehingga diharapkan dapat dijadikan pilihan rekreasi bagi masyarakat serta dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Gembira Loka Zoo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rekreasi, relaksasi, Wahana Air, Waterslide
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Feb 2018 11:06
Last Modified: 28 Feb 2018 11:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item View Item