ANALISIS NIAT MENGGUNAKAN E-LEARNING DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI SMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Manalu, Chrisyan (2018) ANALISIS NIAT MENGGUNAKAN E-LEARNING DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI SMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TI075640.pdf

Download (774kB)
[img] Text (BAB I)
TI075641.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB II)
TI075642.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
TI075643.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB IV)
TI075644.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB V)
TI075645.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TI075646.pdf

Download (425kB)

Abstract

Beberapa sekolah di SMA Yogyakarta telah mengimplementasikan e-learning yang bisa diakses oleh siswa dan guru. Niat penggunaan e-learning di SMA Yogyakarta belum pernah diteliti sebelumnya menjadi pendorong penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi niat penggunaan e-learning di sekolah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions), analisa model pengukuran dan analisa model struktural menggunakan AMOS (Analisis of Moment Structures) Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sampel acak melalui penyebaran kuesioner berjumlah 394 responden. Faktor yang mempengaruhi niat penggunaan e-learning yang diteliti dalam penelitian ini menggunakan teori TAM (Technology Acceptance Model) yaitu niat perilaku, persepsi kegunaan yang dirasakan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap, keyakinan diri, norma subyektif, dan fungsionalitas sistem. Niat penggunaan e-learning oleh siswa SMA Yogyakarta menunjukkan bahwa mayoritas hipotesis yang disusun terbukti. Penemuan yang cukup penting adalah sikap dan disusul oleh persepsi kemudahan penggunaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap perilaku. Faktor fungsionalitas sistem dan persepsi kemudahan penggunaan sistem tidak memberikan pengaruh terhadap kegunaan yang dirasakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-learning, TAM dan SMA Yogyakarta.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 13:13
Last Modified: 01 Mar 2018 13:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14091

Actions (login required)

View Item View Item