PENGARUH STATUS PEMBAYARAN DIVIDEN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2015)

Paramaresi, Yutta Dana (2016) PENGARUH STATUS PEMBAYARAN DIVIDEN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yutta Dana Paramaresi)
EA19590.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status pembayaran dividen terhadap kualitas laba perusahaan manufaktur di Indonesia. Penulis menduga bahwa status pembayaran dividen berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Pengukuran kualitas laba diproksikan dengan menggunakan manajemen laba riil. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2012-2015. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan, terdapat 91 sampel pengamatan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil pengujian dalam penelitian ini membuktikan bahwa status pembayaran dividen berpengaruh negatif terhadap manajemen laba riil. Manajemen laba riil memiliki hubungan yang negatif dengan kualitas laba sehingga dapat disimpulkan bahwa status pembayaran dividen berpengaruh positif terhadap kualitas laba

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Status Pembayaran Dividen, Kualitas Laba, Manajemen Laba Riil
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Mar 2018 09:45
Last Modified: 02 Mar 2018 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14102

Actions (login required)

View Item View Item