EVALUASI PENENTUAN HARGA JUAL JASA CUCI SEPATU (Studi Kasus pada Shoes and Care di Yogyakarta)

FEBRIAN, ADRIANUS DIAUDIO (2016) EVALUASI PENENTUAN HARGA JUAL JASA CUCI SEPATU (Studi Kasus pada Shoes and Care di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADRIANUS DIAUDIO FEBRIAN)
EA19354.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetapan harga jual jasa cuci sepatu yang ditetapkan Shoes and Care menggunakan metode Time and Material Pricing sehingga perusahaan dapat menentukan harga jual yang tepat. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang bersumber langsung dari Shoes and Cae. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) wawancara lansung dengan pihak yang terkait, (2) Observasi langsung, (3) dokumentasi data. Analisis yang diugnakan adalah metode deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan teknik perhitungan harga jual jasa cuci sepatu menggunakan Time and Material Pricing, adapun langkah-langkah analisis datanya, sebagai berikut: (1) menentukan kapasitas yang diharapkan dalam bentuk waktu, (2) mengidentifikasi dan menentukan biaya langsung dan tida langsung terhadap setiap jenis jasa, (3) mendistribusi biaya tidak langsung ke setiap jenis jasa, (4) menentukan laba yang ditargetkan berdasarkan ROI, (5) menentukan tarif yang dibebankan untuk komponen waktu dan bahan, dan (6) menghitung perhitungan harga jual setiap jenis jasa. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan yaitu : (1) Jumlah biaya untuk menghasilkan satu jam jasa adalah Rp 11.683, (2) biaya langsung sebesar Rp 7.601, (3) biaya tidak lansung sebesar Rp 2.780, (4) laba yang diharapkan sebesar Rp 1.842, dan (5) presentase laba yang diharapkan pada komponen bahan adalah 66,55%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Time and Material Pricing, Biaya Langsung, Biaya Tidak Langsung, Laba yang Diharapkan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Mar 2018 10:47
Last Modified: 02 Mar 2018 10:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item View Item